Selasa, 04 Juli 2017

ANALISIS SWOT BISNIS RYO POOL BILLIARD

PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

"BISNIS RYO POOL BILLIARD "
JL.Sunter Agung Tengah 4 Blok H2 No. 1-2, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350.

PENULIS : Fransiskus Saut A. Sihotang
NPM : 1234020007




ANALISIS SWOT

A.    PENDAHULUAN
Sejarah Perkembangan Billiard
Biliard juga bisa disebut cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil. Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis : Carom yang dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard English billiard dan pool dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard. antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.
Billiard di ditemukan pada abad ke – 15 di Eropa Utara. Billiard disana mengalami kemajuan pesat sehingga menjadi kegiatan olahraga oleh semua kalangan baik seorang raja, presiden pengusaha dan anggota masyarakat lainnya. Pada waktu negara-negara Eropa melakukan penjajahan di daratan Asia, seperti biasanya mereka membawa “kebiasaanya” tersebut kelingkungan tempat mereka menjajah. Seperti Indonesia, filipina, dan negara Asia lainnya. Dari hal tersebut pemain kelas dunia pada saat ini didominasi orang dari daratan Asia seperti,, efren reyes, fransisco bustamante, alex pagulayan, dan masih banyak lainnya.
Ryo Pool Billiard adalah sebuah usaha billiard yang berada Jakarta Utara. Sejarah Ryo Pool Billiard berawal dari seseorang yang bernama Ahong menyukai atau memiliki hobby berolahraga billiard. Ahong merupakan seorang pemilik dari usaha Ryo Pool Billiard. Karena memiliki hobby dan menyukai olahraga billiard akhirnya Ahong pun mendirikan atau membuat usaha billiard.
Ryo Pool Billiard mulai berdiri pada tahun 2000 yang berarti Ryo Pool Billiard sudah berdiri selama 17 tahun sampai saat ini. Namun memang usaha ini tidak memiliki cabang dan hanya terdapat satu, meskipun hanya memiliki satu tempat usaha billiard ini terus berkembang dan memiliki banyak pengunjung. Ryo Pool Billiard ini terletak di Jalan Sunter Agung Tengah 4 Blok H2 No. 1-2, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350.
Ryo Pool Billiard buka dari hari senin-minggu mulai pukul 11.00-01.00 dini hari sedangkan untuk hari sabtu buka mulai pukul 11.00-03.00 dini hari. System kerja di Ryo Pool Billiard di bagi menjadi dua shift dalam sehari, shift pertama dari pukul 11.00-18.00 sedangkan untuk shift kedua dari pukul 18.00 sampai dengan tutup. Jumlah karyawan Ryo Pool Billiard seluruhnya berjumlah 14 karyawan, terdiri dari 8 karyawan sebagai wasit, 4 orang sebagai office boy dan 2 orang sebagai kasir. Ryo Pool Billiard memiliki competitor yang cukup berat yaitu After Hour Sunter yang terletak tidak jauh dari Ryo Pool Billiard.
Modal awal usaha Ryo Pool Billiard ini Ahong memerlukan modal yang cukup besar untuk membangun usaha ini. Seperti untuk membeli meja billiard, stik billiard, tempat stik billiard, kursi, soundsystem dan lain-lain. Jika diperhitungkan seluruh peralatan dan semua kebutuhan untuk usaha ini dibutuhkan modal kurang lebih sekitar Rp. 500.000.000,-. Untuk pendapatan yang di dapat dari usaha billiard ini perharinya memang tidak menentu, pada hari biasa Ryo Pool Billiard memperoleh pendapatan sekitar Rp. 1.000.000,- sampai dengan Rp. 2.000.000,- perhari. Namun pada saat hari libur dapat memperoleh pendapatan sekitar Rp. 4.000.000,- sampai dengan Rp. 5.000.000,- perhari. Pendapatan tersebut belum termasuk pendapatan dari makanan dan minuman yang tersedia di Ryo Pool Billiard, untuk pendapatan makanan serta minuman memperoleh pendapatan sekitar Rp. 500.000,- sampai Rp. 1.000.000 perhari jika pada hari libur.
Semakin berkembangnya usaha billiard di Jakarta, maka perlu dilakukan analisis swot untuk usaha Ryo Pool Billiard ini.


B.     TEORI
SWOT adalah akronim untuk kekuatan (Strenghts), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dari lingkungan eksternal perusahaan. Menurut Jogiyanto (2005:46), SWOT digunakan untuk menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan dari sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan dan kesempatan-kesempatan eksternal dan tantangantantangan yang dihadapi.
Berikut ini merupakan penjelasan dari SWOT (David,Fred R.,2005:47) yaitu :
1.      Kekuatan (Strenghts) Kekuatan adalah sumber daya, keterampilan, atau keungulankeungulan lain yang berhubungan dengan para pesaing perusahaan dan kebutuhan pasar yang dapat dilayani oleh perusahaan yang diharapkan dapat dilayani. Kekuatan adalah kompetisi khusus yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan di pasar.
2.      Kelemahan (Weakness) Kelemahan adalah keterbatasan atau kekurangan dalam sumber daya, keterampilan, dan kapabilitas yang secara efektif menghambat kinerja perusahaan. Keterbatasan tersebut dapat berupa fasilitas, sumber daya keuangan,kemampuan manajemen dan keterampilan pemasaran dapat merupakan sumber dari kelemahan perusahaan.
3.      Peluang (Opportunities) Peluang adalah situasi penting yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Kecendrungan – kecendrungan penting merupakan salah satu sumber peluang, seperti perubahaan teknologi dan meningkatnya hubungan antara perusahaan dengan pembeli atau pemasok merupakan gambaran peluang bagi perusahaan.
4.      Ancaman (Threats) Ancaman adalah situasi penting yang tidak menguntungan dalam lingkungan perusahaan. Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan perusahaan. Adanya peraturanperaturan pemerintah yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi kesuksesan perusahaan.

C.    PEMBAHASAN
Ryo Pool Billiard Sunter
1.      Strengths (Kekuatan)
§  Harga sewa bermain billiard cukup murah dan terjangkau.
§  Pelayanan karyawan yang baik dan ramah.
§  Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan apapun.
§  Terdapat banyak meja dan stik billiard untuk bermain.
§  Tempat bermain yang luas.
2.      Weaknesses (Kelemahan)
§  Tempat yang kurang bersih dan kurang nyaman.
§  Tidak mempunyai wadah untuk mempromosikan dan memperkenalkan usaha billiard seperti dengan menggunakan media social.
§  Karyawan yang kurang cekatan dalam melayani pelanggan.
§  Penataan atau desain yang kurang menarik bagi pelanggan.
§  Fasilitas yang kurang baik seperti toilet yang sering rusak, stik billiard yang sering rusak, dan lain-lain.
3.      Opportunities (Peluang)
§  Menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat Ryo Pool Billiard.
§  Masih jarang usaha billiard yang terdapat di daerah Jakarta Utara.
§  Banyaknya kaum remaja di daerah setempat yang merupakan penggemar billiard.
§  Melakukan promosi-promosi seperti memberikan diskon atau melakukan promosi di media social.
§  Merupakan tempat hiburan sekaligus tempat untuk berolahraga billiard.
4.      Threasts (Ancaman)
§  Competitor atau pesaing yang lebih maju dan menarik.
§  Tempat yang kurang menarik sehingga membuat pengunjung tidak tertarik untuk datang.
§  Pengunjung yang kurang loyal dan hanya datang sesekali.
§  Kebijakan pemerintah daerah untuk tempat hiburan yang rumit.
§  Pajak hiburan yang tinggi sehingga dapat menaikkan harga sewa untuk bermain billiard.
D.    GROUPING MENJADI MATRIK

Strength
Weakness
Opportunities
o   Dengan harga sewa bermain billiard murah dan terjangkau, Ryo Pool Billiard melakukan promosi-promosi seperti dengan menggunakan media social.
o   Pelayanan karyawan yang baik dan ramah, embuat Ryo Pool Billiard merupakan tempat hiburan yang menyenangkan sekaligus untuk berolahraga.
o   Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, membuat banyak kaum remaja di daerah setempat yang dating.
o   Dengan banyaknya meja billiard, Ryo Pool Billiard juga tempat menciptakan lapangan pekerjaan.
o   Tempat bermain yang luas dan masih jarang usaha billiard di Jakarta sehingga mempunyai kesempatan untuk memperluas.
o   Meskipun dapat menciptakan lapangan pekerjaan, Ryo Pool Billiard harus memilih karyawan yang cekatan dan rajin.
o   Dengan masih jarangnya usaha billiard di Jakarta, membuat Ryo Pool Billiard harus mempunyai wadah untuk memperkenalkan di media social seperti facebook dan Instagram.
o   Banyaknya kaum remaja di daerah setempat, Ryo Pool Billiard harus memperbaiki fasilitas yang kurang untuk kenyamanan pengunjung.
o   Denga melakukan promosi seperti diskon, Ryo Pool Billiard harus tetap menata desain tempat agar lebih menarik perhatian.
o   Tempat hiburan yang menyenangkan sekaligus untuk berolahraga membuat Ryo Pool Billiard lebih memperbaiki tempat agar lebih nyaman.
Threats
o   Dengan harga yang terjangkau Ryo Pool Billiard dapat mengalahkan pesaing yang lebih maju dan menarik.
o   Ryo Pool Billiard memiliki pelayanan karyawan yang baik dan ramah walaupun kebijakan pemerintah daerah untuk tempat hiburan rumit.
o   Ryo Pool Billiard merupakan usaha billiard dengan lokasi yang strategis sehingga tidak mempengaruhi konsumen meskipun harga sewa naik.
o   Terdapat banyak meja dan stik untuk bermain, agar pengunjung lebih tertarik untuk dating dan bermain.
o   Dengan tempat bermain yang luas Ryo Pool Billiard dapat menumbuhkan loyalitas pengunjung.
o   Tempat yang kurang bersih dan nyaman membuat pengunjung dating ke pesaing.
o   Tidak mempunyai wadah untuk mempromosikan, karena kebijakan pemerintah daerah yang rumit.
o   Karyawan yang kurang cekatan membuat loyalitas pengunjung kurang baik.
o   Penataan tempat yang kurang menarik membuat pengunjung enggan untuk dating.
o   Fasilitas yang kurang serta pajak hiburan yang tinggi.


E.     HASIL ANALISIS SWOT


S


Weight
Rating
Score
Strength
§  Harga sewa yang terjangkau
§  Pelayanan yang baik
§  Lokasi yang strategis
§  Banyaknya peralatan
§  Tempat yang luas
0,08
0.09
0.1
0.14
0.12
2
2
3
4
3
0.16
0.18
0.3
0.56
0.36
1.56
Weakness
§  Kurang bersih dan tidak nyaman
§  Tidak ada wadah untuk mempromosikan
§  Desain kurang menarik
§  Fasilitas yang kurang baik
0.07

0.08
0.09
0.11
0.12

2

2
3
3
4
0.14

0.16
0.27
0.33
0.48
1.38


Jml: 1


Opportunities
§  Menciptakan lapangan pekerjaan
§  Masih jarang usaha billiard di Jakarta
§  Kaum remaja(penggemar billiard)
§  Melakukan promosi
§  Tempat hiburan yang menyenangkan
0.1
0.11
0.08
0.09
0.13
3
4
2
2
4
0.3
0.44
0.16
0.18
0.52
1,6
Threats
§  Pesaing yang lebih maju
§  Tempat kurang menarik
§  Pengunjung kurang loyal
§  Kebijakan pemerintah daerah yang rumit
§  Pajak hiburan tinggi
0.09
0.1
0.11
0.08
0.11
2
3
3
2
4
0.18
0.3
0.33
0.16
0.44
1.41


Jml: 1



Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:
Strength : 1,56
Weakness : 1,38
Opportunity : 1,6
Threats : 1,41
Rumus:
SW = ( S – W)/ 2
OT = ( O – T)/ 2
Jadi :
SW = (1,56 – 1,38)/2 = 0,09
OT = (1,6 – 1.41)/2 = 0,095
(0,09 , 0,095)
Maka, penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :



Diagram SWOT :


A.    KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa bahwa strategi yang digunakan oleh Ryo Pool Billiard sudah cukup baik. Dapat dilihat dari strategi yang digunakan untuk menghadapi persaingan dari perusahaan kompetitor seperti harga sewa yang murah dan terjangkau, pelayanan yang baik, dan lain-lain. Serta terus mengikuti perkembangan yang terus berubah-ubah.
Saran
1)      Ryo Pool Billiard harus memperbaiki tempat serta fasilitas-fasilitas agar pengunjung dapat nyaman saat bermain billiard.
2)      Ryo Pool Billiard harus meningkatkan promosi-promosi yang lebih luas dengan menggunakan media social.
3)      Ryo Pool Billiard harus lebih selektif dalam memilih karyawan.
4)      Ryo Pool Billiard harus menata dan mendesain kembali agar lebih menarik perhatian pengunjung untuk dating kembali.
5)      Memperluas usahanya di berbagai daerah di Jakarta atau sekitarnya agar memperoleh pendapatan yang lebih banyak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar