PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
" BISNIS OUTLET SHIFA "
JL. Warakas Raya gang 2 Jakarta Utara
PENULIS : ZAHRAH FAJRIAH EL HAQNPM : 1434020020
JL. Warakas Raya gang 2 Jakarta Utara
PENULIS : ZAHRAH FAJRIAH EL HAQNPM : 1434020020
A. PENDAHULUAN
Outlet
Shifa adalah nama usaha dari sebuah outlet yang berada di wilayah Jakarta
Utara.
Sejarah Outlet Shifa berawal dari bapak Hj berjualan
baju kaki lima di daerah permai Jakarta Utara pada Tahun 1987, dengan
berjalannya waktu dan usahanya maju pak Hj akhirnya memberanikan diri membuka
usahanya dari berjualan dikaki lima sampai membuka outlet kecil di daerah
Warakas Raya gang 8 Jakarta Utara pada Tahun 2000. Perpindahan dari berjualan
di kaki lima ke outlet memberikan hasil yang meningkat untuk pak hj dengan
membuka outlet lebih luas dari outlet sebelumnya, dan membuka di daerah Warakas
Raya gang 2 Jakarta Utara pada Tahun 2014. Outlet Shifa juga membuka cabang
outlet di daerah Jalan Markas Bekasi Jawa Barat.
Outlet Shifa menjual berbagai barang seperti ; Baju,
Celana, Topi, Sepatu, dan Tas (anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua). Modal
awal saat berjualan di kaki lima sebesar 50 juta, setelah membuka outlet
mengeluarkan modal sebesar 300 juta. Pendapatan yang didapatkan outlet sfiha
pada hari biasa sekitar 3 juta perhari, sedangkan jika memasuki paska lebaran
pendapatan yang didapat outlet shifa sekitar 7 juta perhari.
Outlet shifa memiliki 8 orang pegawai dan mendapatkan
gaji sebesar 1,5 juta perbulan. Jam buka outlet shifa pada pukul 09.00 sampai
20.00 dan buka setiap hari.
Semakin berkembangnya usaha outlet di Jakarta maka
perlu dilakukan analisis SWOT tlet shifa.
B. TEORI
1. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan
yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini
didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan
(strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat
meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam
sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu
berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan
perusahaan yang menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan
strategis yang efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil
keuntungan harus menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan (
peluang,kekuatan, kelemahan dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat
inidan yang akan datang , hal ini disebut dengan analisis situasi. Dalam
analisis situasi yang paling terkenal dan populer saat ini adalah analisis
swot, analisis situasi adalah analisis SWOT.
2. Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan
internal Strength dan Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan
Threats yang akan dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT
selalu membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan
(weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats)
Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal
yang dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.
C.
PEMBAHASAN
Outlet Shifa
1.
Strengths
(Kekuatan)
·
Harga yang cukup terjangkau
·
Pelayanan pegawai ramah dan cekatan
·
Barang-barang yang tersedia di outlet shifa menarik dan
kreatif
·
Penataan atau desain outlet tersusun dengan rapih
2.
Weaknesses (Kelemahan)
·
Lokasi outlet tidak strategis dan sulit di jangkau
·
Tempat parkir yang kurang luas
·
Proses pembayaran masih menggunakan manual
·
Hampir tidak ada diskon atau prmosi-promosi karena harga
sudah relative terjangkau
3.
Opportunities
(Kesempatan)
·
Dengan barang-barang menarik dan kreatif yang tersedia di
outlet shifa merupakan peluang bisnis untuk sukses
·
Barang-barang yang tersedia di outlet shifa merupakan
kebutuhan umum masyarakat
·
Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar
outlet shifa
·
Memudahkan masyarakat sekitar untuk membeli kebutuhannya
karena tempat outlet yang berada di sekitar wilayah masyarakat dan tidak perlu
jauh membeli di mall
4. Threats (Ancaman)
·
Banyaknya pesaing yang menjual barang yang sama dengan
outlet shifa
·
Harga listrik yang semakin meningkat
·
Harga barang-barang yang meningkat sehingga dapat menaikkan
harga jual
·
Tempat parkiran yang tidak memadai menyebabkan kemacetan
sehingga menggangu aktivitas masyarakat
D. Grouping menjadi Matrix
|
Strenght
|
Weakness
|
Opportunity
|
·
Harga
yang cukup terjangkau dan Dengan barang-barang menarik dan kreatif yang
tersedia di outlet shifa merupakan peluang bisnis untuk sukses
·
Pelayanan
pegawai ramah dan cekatan dan Barang-barang yang tersedia di outlet shifa
merupakan kebutuhan umum untuk masyarakat
·
Barang-barang
yang tersedia di outlet shifa menarik dan kreatif dan Menciptakan lapangan pekerjaan
bagi masyarakat sekitar outlet shifa
·
Penataan
atau desain outlet tersusun dengan rapih dan Memudahkan masyarakat sekitar
untuk membeli kebutuhannya karena tempat outlet yang berada di sekitar
wilayah masyarakat dan tidak perlu jauh membeli di mall
|
·
Dengan
barang-barang menarik dan kreatif yang tersedia di outlet shifa merupakan
peluang bisnis untuk sukses dan lokasi outlet tidak strategis dan sulit di
jangkau
·
Barang-barang
yang tersedia di outlet shifa merupakan kebutuhan umum untuk mmasyarakat dan
Tempat parkir yang kurang luas
·
Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar
outlet shifa dan Proses pembayaran masih menggunakan manual
·
Memudahkan
masyarakat sekitar untuk membeli kebutuhannya karena tempat outlet yang
berada di sekitar wilayah masyarakat dan Hampir tidak ada diskon atau
prmosi-promosi karena harga sudah relative terjangkau
|
Threat
|
·
Harga
yang cukup terjangkau dan Banyaknya pesaing yang menjual barang yang sama
dengan outlet shifa
·
Pelayanan
pegawai ramah dan cekatan dan Harga listrik yang semakin meningkat
·
Barang-barang
yang tersedia di outlet shifa menarik dan kreatif dan Harga barang-barang
yang meningkat sehingga dapat menaikkan harga jual
·
Penataan
atau desain outlet tersusun dengan rapih dan Tempat parkiran yang tidak
memadai menyebabkan kemacetan sehingga menggangu aktivitas masyarakat
|
·
Lokasi
outlet tidak strategis dan sulit di jangkau dan Banyaknya pesaing yang
menjual barang yang sama dengan outlet shifa
·
Tempat
parkir yang kurang luas dan Harga listrik yang semakin meningkat
·
Proses
pembayaran masih menggunakan manual dan Harga barang-barang yang meningkat
sehingga dapat menaikkan harga jual
·
Hampir
tidak ada diskon atau prmosi-promosi karena harga sudah relative terjangkau
dan Tempat parkiran yang tidak memadai menyebabkan kemacetan sehingga
menggangu aktivitas masyarakat
|
E.
HASIL ANALISIS SWOT
|
|
WEIGHT
|
RATING
|
SCORE
|
Strenght
|
1. Harga yang cukup terjangkau
2. Pelayanan pegawai ramah dan
cekatan
3. Barang-barang yang tersedia di
outlet shifa menarik dan kreatif
4. Penataan atau desain outlet
tersusun dengan rapih
|
0,07
0,12
0,15
0,13
|
2
3
4
4
|
0,18
0,36
0,60
0,32
1,66
|
Weakness
|
1. Lokasi outlet tidak strategis dan
sulit di jangkau
2. Tempat parkir yang kurang luas
3. Proses pembayaran masih
menggunakan manual
4. Hampir tidak ada diskon atau
prmosi-promosi karena harga sudah relative terjangkau
|
0,09
0,11
0,14
0,17
|
2
2
3
4
|
0,18
0,22
0,42
0,68
1,5
|
Opportunity
|
1. Dengan barang-barang menarik dan
kreatif yang tersedia di outlet shifa merupakan peluang bisnis untuk sukses
2. Barang-barang yang tersedia di
outlet shifa merupakan kebutuhan umum masyarakat
3. Menciptakan lapangan pekerjaan
bagi masyarakat sekitar outlet shifa
4. Memudahkan masyarakat sekitar
untuk membeli kebutuhannya karena tempat outlet yang berada di sekitar
wilayah masyarakat dan tidak perlu jauh membeli di mall
|
0,14
0,13
0,09
0,18
|
4
3
2
4
|
0,56
0,39
0,18
0,72
1,85
|
Threats
|
1. Banyaknya pesaing yang menjual
barang yang sama dengan outlet shifa
2. Harga listrik yang semakin
meningkat
3. Harga barang-barang yang meningkat
sehingga dapat menaikkan harga jual
4. Tempat parkiran yang tidak memadai
menyebabkan kemacetan sehingga menggangu aktivitas masyarakat
|
0,09
0,14
0,08
0,15
|
3
4
2
4
|
0,27
0,56
0,16
0,60
1,59
|
Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari
analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti ditulis di atas, hasilnya
dapat diuraikan sebagai berikut:
Strengths
: 1.66
Weekness
: 1.5
Opportunities : 1.85
Threat : 1.59
Rumus
:
SW
=( S - W ) /2
OT
= ( O - T ) /2
Jadi
:
SW
= (1.66 – 1.5 ) /2 = 0.16
OT
= (1.85 – 1.59 ) /2 = 0.13
(
0.16 ; 0,13)
Maka, penentuan
posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada
gambar dibawah ini :
Diagram SWOT :
A.
SARAN
1. Outlet Shifa harus memperluas Tempat
parkir agar tidak terjadi kemacetatan dan mengganggu masyarakat umum
2. Outlet Shifa harus merubah Proses
pembayaran yang manual dengan menggunakan computer agar mempermudah transaksi
Gambar Outlet Shifa
Tampak dari dalam outlet
Tampak dari Luar Outlet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar