Rabu, 05 Juli 2017

ANALISIS SWOT BISNIS OUTLET SHIFA

PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

 " BISNIS OUTLET SHIFA "
JL. 
Warakas Raya gang 2 Jakarta Utara 

PENULIS : 
ZAHRAH FAJRIAH EL HAQNPM : 1434020020



A.    PENDAHULUAN                                                         
                                
Outlet Shifa adalah nama usaha dari sebuah outlet yang berada di wilayah Jakarta Utara.

Sejarah Outlet Shifa berawal dari bapak Hj berjualan baju kaki lima di daerah permai Jakarta Utara pada Tahun 1987, dengan berjalannya waktu dan usahanya maju pak Hj akhirnya memberanikan diri membuka usahanya dari berjualan dikaki lima sampai membuka outlet kecil di daerah Warakas Raya gang 8 Jakarta Utara pada Tahun 2000. Perpindahan dari berjualan di kaki lima ke outlet memberikan hasil yang meningkat untuk pak hj dengan membuka outlet lebih luas dari outlet sebelumnya, dan membuka di daerah Warakas Raya gang 2 Jakarta Utara pada Tahun 2014. Outlet Shifa juga membuka cabang outlet di daerah Jalan Markas Bekasi Jawa Barat.
Outlet Shifa menjual berbagai barang seperti ; Baju, Celana, Topi, Sepatu, dan Tas (anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua). Modal awal saat berjualan di kaki lima sebesar 50 juta, setelah membuka outlet mengeluarkan modal sebesar 300 juta. Pendapatan yang didapatkan outlet sfiha pada hari biasa sekitar 3 juta perhari, sedangkan jika memasuki paska lebaran pendapatan yang didapat outlet shifa sekitar 7 juta perhari.
Outlet shifa memiliki 8 orang pegawai dan mendapatkan gaji sebesar 1,5 juta perbulan. Jam buka outlet shifa pada pukul 09.00 sampai 20.00 dan buka setiap hari.
Semakin berkembangnya usaha outlet di Jakarta maka perlu dilakukan analisis SWOT tlet shifa.

B.     TEORI

1.      Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis SWOT.

2.      Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal yang  dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.



C.     PEMBAHASAN

Outlet Shifa
1.      Strengths (Kekuatan)
·         Harga yang cukup terjangkau
·         Pelayanan pegawai ramah dan cekatan
·         Barang-barang yang tersedia di outlet shifa menarik dan kreatif
·         Penataan atau desain outlet tersusun dengan rapih

2.      Weaknesses (Kelemahan)
·         Lokasi outlet tidak strategis dan sulit di jangkau
·         Tempat parkir yang kurang luas
·         Proses pembayaran masih menggunakan manual
·         Hampir tidak ada diskon atau prmosi-promosi karena harga sudah relative terjangkau

3.      Opportunities (Kesempatan)
·         Dengan barang-barang menarik dan kreatif yang tersedia di outlet shifa merupakan peluang bisnis untuk sukses
·         Barang-barang yang tersedia di outlet shifa merupakan kebutuhan umum masyarakat
·         Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar outlet shifa
·         Memudahkan masyarakat sekitar untuk membeli kebutuhannya karena tempat outlet yang berada di sekitar wilayah masyarakat dan tidak perlu jauh membeli di mall
4.      Threats (Ancaman)
·         Banyaknya pesaing yang menjual barang yang sama dengan outlet shifa
·         Harga listrik yang semakin meningkat
·         Harga barang-barang yang meningkat sehingga dapat menaikkan harga jual
·         Tempat parkiran yang tidak memadai menyebabkan kemacetan sehingga menggangu aktivitas masyarakat



D.     Grouping menjadi Matrix


Strenght
Weakness
Opportunity
·         Harga yang cukup terjangkau dan Dengan barang-barang menarik dan kreatif yang tersedia di outlet shifa merupakan peluang bisnis untuk sukses
·         Pelayanan pegawai ramah dan cekatan dan Barang-barang yang tersedia di outlet shifa merupakan kebutuhan umum untuk masyarakat
·         Barang-barang yang tersedia di outlet shifa menarik dan kreatif dan Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar outlet shifa
·         Penataan atau desain outlet tersusun dengan rapih dan Memudahkan masyarakat sekitar untuk membeli kebutuhannya karena tempat outlet yang berada di sekitar wilayah masyarakat dan tidak perlu jauh membeli di mall

·         Dengan barang-barang menarik dan kreatif yang tersedia di outlet shifa merupakan peluang bisnis untuk sukses dan lokasi outlet tidak strategis dan sulit di jangkau
·         Barang-barang yang tersedia di outlet shifa merupakan kebutuhan umum untuk mmasyarakat dan Tempat parkir yang kurang luas
·         Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar outlet shifa dan Proses pembayaran masih menggunakan manual
·         Memudahkan masyarakat sekitar untuk membeli kebutuhannya karena tempat outlet yang berada di sekitar wilayah masyarakat dan Hampir tidak ada diskon atau prmosi-promosi karena harga sudah relative terjangkau
Threat
·         Harga yang cukup terjangkau dan Banyaknya pesaing yang menjual barang yang sama dengan outlet shifa
·         Pelayanan pegawai ramah dan cekatan dan Harga listrik yang semakin meningkat
·        Barang-barang yang tersedia di outlet shifa menarik dan kreatif dan Harga barang-barang yang meningkat sehingga dapat menaikkan harga jual
·         Penataan atau desain outlet tersusun dengan rapih dan Tempat parkiran yang tidak memadai menyebabkan kemacetan sehingga menggangu aktivitas masyarakat
·         Lokasi outlet tidak strategis dan sulit di jangkau dan Banyaknya pesaing yang menjual barang yang sama dengan outlet shifa
·         Tempat parkir yang kurang luas dan Harga listrik yang semakin meningkat
·         Proses pembayaran masih menggunakan manual dan Harga barang-barang yang meningkat sehingga dapat menaikkan harga jual
·         Hampir tidak ada diskon atau prmosi-promosi karena harga sudah relative terjangkau dan Tempat parkiran yang tidak memadai menyebabkan kemacetan sehingga menggangu aktivitas masyarakat


E.     HASIL ANALISIS SWOT


WEIGHT
RATING
SCORE
Strenght
1.      Harga yang cukup terjangkau
2.      Pelayanan pegawai ramah dan cekatan
3.      Barang-barang yang tersedia di outlet shifa menarik dan kreatif
4.      Penataan atau desain outlet tersusun dengan rapih
0,07

0,12


0,15




0,13
2

3


4




4
0,18

0,36


0,60




0,32
1,66
Weakness
1.      Lokasi outlet tidak strategis dan sulit di jangkau
2.      Tempat parkir yang kurang luas
3.      Proses pembayaran masih menggunakan manual
4.      Hampir tidak ada diskon atau prmosi-promosi karena harga sudah relative terjangkau
0,09



0,11

0,14




0,17



2



2

3




4

0,18



0,22

0,42




0,68
1,5
Opportunity
1.      Dengan barang-barang menarik dan kreatif yang tersedia di outlet shifa merupakan peluang bisnis untuk sukses
2.      Barang-barang yang tersedia di outlet shifa merupakan kebutuhan umum masyarakat
3.      Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar outlet shifa
4.      Memudahkan masyarakat sekitar untuk membeli kebutuhannya karena tempat outlet yang berada di sekitar wilayah masyarakat dan tidak perlu jauh membeli di mall
0,14






0,13





0,09





0,18
4






3





2





4
0,56






0,39





0,18





0,72
1,85
Threats
1.      Banyaknya pesaing yang menjual barang yang sama dengan outlet shifa
2.      Harga listrik yang semakin meningkat
3.      Harga barang-barang yang meningkat sehingga dapat menaikkan harga jual
4.      Tempat parkiran yang tidak memadai menyebabkan kemacetan sehingga menggangu aktivitas masyarakat
0,09






0,14





0,08





0,15
3






4





2





4
0,27






0,56





0,16





0,60
1,59

Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti ditulis di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:

Strengths          : 1.66
Weekness          : 1.5
Opportunities   : 1.85
Threat              : 1.59

Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2
Jadi :
SW = (1.66 – 1.5 ) /2 = 0.16
OT = (1.85 – 1.59 ) /2 = 0.13
( 0.16 ; 0,13)

Maka, penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Diagram SWOT :






A.     SARAN

1.      Outlet Shifa harus memperluas Tempat parkir agar tidak terjadi kemacetatan dan mengganggu masyarakat umum
2.      Outlet Shifa harus merubah Proses pembayaran yang manual dengan menggunakan computer agar mempermudah transaksi




Gambar Outlet Shifa

Tampak dari dalam outlet





Tampak dari Luar Outlet




Tidak ada komentar:

Posting Komentar