Selasa, 04 Juli 2017

ANALISIS SWOT RUMAH MAKAN AYAM LEPAS

PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Rumah Makan Ayam Lepaas Cabang Walang Baru Koja, Jakarta Utara

PENULIS : PUTRI DWI YULIANA
NPM : 1434020011




ANALISIS SWOT


A.     PENDAHULUAN (IDENTITAS PERUSAHAAN)

Ayam lepas adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang kuliner. Rumah makan yang dirintis di Aceh ini kini berkembang pesat di Pulau Jawa, khususnya di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Sejak tahun 2009 hingga saat ini sudah memiliki 80 lebih gerai Ayam Lepaas. Usaha yang menyajikan menu ayam sebagai menu utamanya ini, tergolong restoran dengan harga terjangkau, yang memiliki rasa yang enak.
Nama ayam lepas sendiri diambil berdasarkan rasa dari ayamnya yaitu lezat dan pedas. Selain nama dari tempat yang cukup unik jika dibandingkan cafe sejenis  pada umumnya, ada berbagai macam olahan makanan yang ditawarkan di tempat ini, mulai dari ayam goreng, bebek, lele, burung puyuh, yang disajikan bersama sayur seperti timun, kol serta selada,  dan juga dilengkapi dengan sambel juga dihadirkan oleh resto yang memakai  konsep warna merah pada desain ruangannya ini. Namun dari kesemuanya itu  ayam lepas merupakan menu khas yang sangat digemari oleh pengunjung, karena dagingnya yang begitu lembut  juga ditambah keharuman dari  aroma daging yang diolah dengan bumbu rahasia dapur . Yang pasti menu ini  sangat menggoda selera bagi yang mencicipinya.
Bukan hanya itu saja 3 pilhan rasa dari sambalnya  juga patut menjadi bahan pertimbangan bagi para penikmat kuliner sejati, ada sambal lemas, lepas, dan kecap. Kalau dilihat sekilas bentuk dari sambalnya memang hampir  sama pada kebanyakan sambal pada umumnya,  akan tetapi rasa yang berbeda bisa kita dapatkan ketika mulai mencicipi olahan dari sambalnya.


B.     TEORI

1.      Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis SWOT.

2.      Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal yang  dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.


C.    PEMBAHASAN (SWOT)

Rumah Makan Ayam Lepaas.
1.      Strengths (Kekuatan)
·         Harga yang ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
·         Menggunakan bahan makan yang masih segar.
·         Pelayanannya cepat karena menggunakan konsep Classic Fast Food.
·         Mempunyai ciri khas pada sambal yaitu ada sambal lemas, lepas, dan kecap.
·         Menu makan yang beragam dan juga halal.

2.      Weakness (Kelemahan)
·         Desain tempat kurang menarik.
·         Jarang ada promosi karena harga sudah terjangkau.
·         Fasilitas yang ada tidak lengkap.
·         Tempatnya kurang luas dan tidak tertata dengan rapih.
·         Pelayanan yang diberikan kurang ramah.

3.      Oppoturnities (Peluang)
·         Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya.
·         Ketersediaan dan mudahnya mendapatkan bahan baku.
·         Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar rumah makan ayam lepaas.
·         Menciptakan cita rasa baru yang unik agar masyarakat merasa tertarik.
·         Semua kalangan masyarakat menyukai olahan masakan yang berbahan dasar ayam.

4.      Threat (Ancaman)
·         Sewa tempat usaha yang mahal.
·         Harga bahan makan meningkat.
·         Banyak rumah makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah.
·         Persaingan yang ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis.
·         Selera masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak melakukan inovasi-inovasi baru.


D. Grouping Menjadi Matrix


Strenght
Weakness
Opportunities
-          Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya dan harga yang ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
-          Ketersediaan dan mudahnya mendapatkan bahan baku serta menggunakan bahan makan yang masih segar.
-          Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar rumah makan ayam lepaas dan pelayanannya cepat karena menggunakan konsep Classic Fast Food
-          Menciptakan cita rasa baru yang unik agar masyarakat merasa tertarik dengan mempunyai ciri khas pada sambal yaitu ada sambal lemas, lepas, dan kecap
-          Semua kalangan masyarakat menyukai olahan masakan yang berbahan dasar ayam dan mempunyai menu makan yang beragam dan juga halal.
-         Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya membuat ayam lepaas harus membuat desain yang bagus untuk tempat usahanya.
-         Ketersediaan dan mudahnya mendapatkan bahan baku, ayam lepaas disarankan untuk memberikan promosi.
-         Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar rumah makan ayam lepaas harus membuat fasilitas yang lengkap.
-         Menciptakan cita rasa baru yang unik agar masyarakat merasa tertarik sehingga menutupi tempat yang kurang luas dan tidak tertata dengan rapih.
-         Semua kalangan masyarakat menyukai olahan masakan yang berbahan dasar ayam tetapi Pelayanan yang diberikan kurang ramah.
Threat
-         Sewa tempat usaha yang mahal tetapi harga yang ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
-         Harga bahan makan meningkat dan menggunakan bahan makan yang masih segar.
-          Banyak rumah makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah dan Ayam lepaas mempunyai pelayanan cepat karena menggunakan konsep Classic Fast Food.
-          Persaingan yang ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis tetapi Ayam Lepaas mempunyai ciri khas pada sambal yaitu ada sambal lemas, lepas, dan kecap.
-          Selera masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak melakukan inovasi-inovasi baru dan menu makan di Ayam Lepaas yang beragam dan juga halal.
-         Sewa tempat usaha yang mahal dan desain tempat kurang menarik.
-         Harga bahan makan meningkat dan jarang ada promosi karena harga makan sudah terjangkau.
-         Banyak rumah makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah dan fasilitas yang diberikan Ayam Lepaas tidak lengkap.
-         Tempat kurang luas dan tidak tertata dengan rapih dan persaingan yang ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis.
-         Pelayanan yang diberikan kurang ramah dan selera masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak melakukan inovasi-inovasi baru.




E. Hasil Analisis SWOT :




WEIGHT
RATING
SCORE
Strengths







1.   Harga yang ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
2.   Menggunakan bahan makan yang masih segar.
3.   Pelayanannya cepat karena menggunakan konsep Classic Fast Food.
4.   Mempunyai ciri khas pada sambal yaitu ada sambal lemas, lepas, dan kecap.
5.    Menu makan yang beragam dan juga halal.
0.12

0.1

0.1

0.15

0.08
3

2

3

4

2
0.36

0.2

0.3

0.6

0.16
1.62
Weakness
1.      Desain tempat kurang menarik.
2.      Jarang ada promosi karena harga sudah terjangkau.
3.      Fasilitas yang ada tidak lengkap.
4.      Tempatnya kurang luas dan tidak tertata dengan rapih.
5.      Pelayanan yang diberikan kurang ramah.

0.08
0.07
0.13
0.09
0.08
Jumlah : 1
2
2
4
3
2
0.16
0.14
0.52
0.27
0.16
1.25
Opportunities
1.      Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya.
2.      Ketersediaan dan mudahnya mendapatkan bahan baku.
3.      Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar rumah makan ayam lepaas.
4.      Menciptakan cita rasa baru yang unik agar masyarakat merasa tertarik.
5.       Semua kalangan masyarakat menyukai olahan masakan yang berbahan dasar ayam.
0.10

0.08

0.1

0.15

0.12
3
2

2

3

3
0.3

0.16

0.2

0.45

0.36

1.47
Threat
1.      Sewa tempat usaha yang mahal.
2.      Harga bahan makan meningkat.
3.      Banyak rumah makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah.
4.      Persaingan yang ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis.
5.      Selera masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak melakukan inovasi-inovasi baru.

0.1
0.08

0.09


0.10


0.08

Jumlah : 1
2
2

3


3


3
0.2
0.16

0.27


0.3


0.24
  
1.17


Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada tabel di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:

Strengths          : 1.62
Weekness        : 1.25
Opportunities   : 1.47
Threat              : 1.17

Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2

Jadi :
SW = (1.62 – 1.25 ) /2 = 0.185
OT = (1.47 – 1.17 ) /2 = 0.15
( 0.185 , 0.15)
  

Maka, penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Diagram SWOT :




F. Saran


Strategi yang harus dilakukan oleh Rumah Makan Ayam Lepaas yaitu Strategi Ekspansi dengan pilihan:
1.      Rumah Makan Ayam Lepaas harus selalu melakukan inovasi atau menciptakan cita rasa yang baru dan unik.
2.      Karena saat ini banyak sekali rumah makan yang menu utamanya adalah ayam. Oleh karena itu, Rumah Makan Ayam Lepaas tidak hanya mempunyai keunikan pada rasa sambalnya tetapi juga harus memiliki keunikan dari segi rasa pada bahan baku utamanya yaitu ayam.
3.      Rumah Makan Ayam Lepaas bisa menambahkan lagi beragam menu seperti Ayam Lepaas dipenyet atau digeprek, agar pelanggan tidak merasa bosan dan akan selalu berkunjung pada Rumah Makan Ayam Lepaas.
4.      Dan untuk tempat Rumah Makan Ayam Lepaas harus memperluas lagi serta menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para pelanggannya agar pelanggan merasa nyaman.




Gambar dari Karyawan pada Rumah Makan Ayam Lepaas Cabang Walang Baru Koja Jakarta Utara. Karyawan yang bekerja pada Rumah Makan Ayam Lepaas Cabang Walang Baru Koja Jakarta Utara berjumlah 7 orang.




1 komentar: