PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
Rumah Makan Ayam Lepaas Cabang Walang Baru Koja,
Jakarta Utara
PENULIS : PUTRI DWI YULIANA
NPM : 1434020011
ANALISIS SWOT
A.
PENDAHULUAN
(IDENTITAS PERUSAHAAN)
Ayam lepas
adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang kuliner. Rumah
makan yang dirintis di Aceh ini kini berkembang pesat di Pulau Jawa, khususnya
di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Sejak
tahun 2009 hingga saat ini sudah memiliki 80 lebih gerai Ayam Lepaas. Usaha yang menyajikan menu ayam sebagai menu utamanya ini, tergolong
restoran dengan harga terjangkau, yang memiliki rasa yang enak.
Nama ayam
lepas sendiri diambil berdasarkan rasa dari ayamnya yaitu lezat dan pedas.
Selain nama dari tempat yang cukup unik jika dibandingkan cafe sejenis
pada umumnya, ada berbagai macam olahan makanan yang ditawarkan di tempat ini,
mulai dari ayam goreng, bebek, lele, burung puyuh, yang disajikan bersama sayur
seperti timun, kol serta selada, dan juga dilengkapi dengan sambel juga
dihadirkan oleh resto yang memakai konsep warna merah pada desain
ruangannya ini. Namun dari kesemuanya itu ayam lepas merupakan menu khas
yang sangat digemari oleh pengunjung, karena dagingnya yang begitu lembut
juga ditambah keharuman dari aroma daging yang diolah dengan bumbu
rahasia dapur . Yang pasti menu ini sangat menggoda selera bagi yang
mencicipinya.
Bukan hanya
itu saja 3 pilhan rasa dari sambalnya juga patut menjadi bahan
pertimbangan bagi para penikmat kuliner sejati, ada sambal lemas, lepas, dan
kecap. Kalau dilihat sekilas bentuk dari sambalnya memang hampir sama
pada kebanyakan sambal pada umumnya, akan tetapi rasa yang berbeda bisa kita
dapatkan ketika mulai mencicipi olahan dari sambalnya.
B.
TEORI
1. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan
yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini
didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan
(strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat
meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam
sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan
dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang
menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang
efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus
menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan
dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini
disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal
dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis
SWOT.
2. Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan
Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan
dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu
membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan
(weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats)
Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal
yang dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.
C.
PEMBAHASAN
(SWOT)
Rumah Makan Ayam Lepaas.
1. Strengths (Kekuatan)
·
Harga
yang ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
·
Menggunakan bahan makan yang masih segar.
·
Pelayanannya cepat karena
menggunakan konsep Classic Fast Food.
·
Mempunyai
ciri khas pada sambal yaitu ada sambal lemas, lepas, dan kecap.
·
Menu
makan yang beragam dan juga halal.
2. Weakness
(Kelemahan)
·
Desain tempat kurang menarik.
·
Jarang
ada promosi karena harga sudah terjangkau.
·
Fasilitas
yang ada tidak lengkap.
·
Tempatnya
kurang luas dan tidak tertata dengan rapih.
·
Pelayanan
yang diberikan kurang ramah.
3. Oppoturnities
(Peluang)
·
Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya.
·
Ketersediaan
dan mudahnya mendapatkan bahan baku.
·
Menciptakan
lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar rumah makan ayam lepaas.
·
Menciptakan
cita rasa baru yang unik agar masyarakat merasa tertarik.
·
Semua
kalangan masyarakat menyukai olahan masakan yang berbahan dasar ayam.
4. Threat
(Ancaman)
·
Sewa tempat
usaha yang mahal.
·
Harga bahan
makan meningkat.
·
Banyak
rumah makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah.
·
Persaingan
yang ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis.
·
Selera
masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak
melakukan inovasi-inovasi baru.
D. Grouping Menjadi Matrix
Strenght
|
Weakness
|
|
Opportunities
|
-
Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya dan harga
yang ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
-
Ketersediaan dan
mudahnya mendapatkan bahan baku serta menggunakan bahan makan yang masih segar.
-
Menciptakan lapangan
pekerjaan bagi masyarakat disekitar rumah makan ayam lepaas dan pelayanannya cepat karena
menggunakan konsep Classic Fast Food
-
Menciptakan cita rasa
baru yang unik agar masyarakat merasa tertarik dengan mempunyai ciri khas
pada sambal yaitu ada sambal lemas, lepas, dan
kecap
-
Semua kalangan
masyarakat menyukai olahan masakan yang berbahan dasar ayam dan mempunyai
menu makan yang beragam dan juga halal.
|
-
Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya
membuat ayam lepaas harus membuat desain yang bagus untuk tempat usahanya.
-
Ketersediaan dan
mudahnya mendapatkan bahan baku, ayam lepaas disarankan untuk memberikan
promosi.
-
Menciptakan lapangan
pekerjaan bagi masyarakat disekitar rumah makan ayam lepaas harus membuat
fasilitas yang lengkap.
-
Menciptakan cita rasa
baru yang unik agar masyarakat merasa tertarik sehingga menutupi tempat yang kurang
luas dan tidak tertata dengan rapih.
-
Semua kalangan
masyarakat menyukai olahan masakan yang berbahan dasar ayam tetapi Pelayanan yang
diberikan kurang ramah.
|
Threat
|
-
Sewa tempat usaha yang mahal
tetapi harga
yang ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
-
Harga bahan makan meningkat dan menggunakan bahan makan yang
masih segar.
-
Banyak
rumah makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah
dan Ayam lepaas mempunyai pelayanan
cepat karena menggunakan konsep Classic
Fast Food.
-
Persaingan
yang ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis
tetapi Ayam Lepaas mempunyai ciri khas pada sambal yaitu ada sambal
lemas, lepas, dan kecap.
-
Selera
masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak
melakukan inovasi-inovasi baru dan menu makan di Ayam Lepaas yang beragam dan
juga halal.
|
-
Sewa tempat usaha yang mahal dan desain tempat kurang menarik.
-
Harga bahan makan meningkat dan jarang ada promosi
karena harga makan sudah terjangkau.
-
Banyak
rumah makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah
dan fasilitas yang diberikan Ayam Lepaas tidak lengkap.
-
Tempat
kurang luas dan tidak tertata dengan rapih dan persaingan yang ketat karena
banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis.
-
Pelayanan
yang diberikan kurang ramah dan selera masyarakat yang cepat berubah dapat
menyebabkan kemunduran apabila tidak melakukan inovasi-inovasi baru.
|
E. Hasil Analisis SWOT :
WEIGHT
|
RATING
|
SCORE
|
||
Strengths
|
1.
Harga yang
ditawarkan terjangkau dikalangan masyarakat.
2.
Menggunakan bahan makan yang masih segar.
3.
Pelayanannya cepat karena menggunakan konsep Classic Fast Food.
4.
Mempunyai ciri
khas pada sambal yaitu ada sambal
lemas, lepas, dan kecap.
5. Menu makan yang beragam dan juga halal.
|
0.12
0.1
0.1
0.15
0.08
|
3
2
3
4
2
|
0.36
0.2
0.3
0.6
0.16
1.62
|
Weakness
|
1.
Desain tempat kurang menarik.
2.
Jarang ada
promosi karena harga sudah terjangkau.
3.
Fasilitas yang
ada tidak lengkap.
4.
Tempatnya kurang
luas dan tidak tertata dengan rapih.
5.
Pelayanan yang
diberikan kurang ramah.
|
0.08
0.07
0.13
0.09
0.08
Jumlah
: 1
|
2
2
4
3
2
|
0.16
0.14
0.52
0.27
0.16
1.25
|
Opportunities
|
1.
Tempat yang sangat strategis di pinggir jalan raya.
2.
Ketersediaan dan
mudahnya mendapatkan bahan baku.
3. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
disekitar rumah makan ayam lepaas.
4. Menciptakan cita rasa baru yang unik agar masyarakat
merasa tertarik.
5. Semua kalangan masyarakat menyukai olahan masakan
yang berbahan dasar ayam.
|
0.10
0.08
0.1
0.15
0.12
|
3
2
2
3
3
|
0.3
0.16
0.2
0.45
0.36
1.47
|
Threat
|
1.
Sewa tempat usaha yang mahal.
2.
Harga bahan makan meningkat.
3.
Banyak rumah
makan lain yang menawarkan paket makan dengan harga yang lebih murah.
4.
Persaingan yang
ketat karena banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan yang sejenis.
5.
Selera
masyarakat yang cepat berubah dapat menyebabkan kemunduran apabila tidak
melakukan inovasi-inovasi baru.
|
0.1
0.08
0.09
0.10
0.08
Jumlah
: 1
|
2
2
3
3
3
|
0.2
0.16
0.27
0.3
0.24
1.17
|
Berdasarkan
hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada tabel di
atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:
Strengths
: 1.62
Weekness
: 1.25
Opportunities : 1.47
Threat : 1.17
Rumus
:
SW
=( S - W ) /2
OT
= ( O - T ) /2
Jadi
:
SW
= (1.62 – 1.25 ) /2 = 0.185
OT
= (1.47 – 1.17 ) /2 = 0.15
(
0.185 , 0.15)
Maka,
penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat
dilihat pada gambar dibawah ini :
Diagram
SWOT :
F. Saran
Strategi yang
harus dilakukan oleh Rumah Makan Ayam Lepaas yaitu Strategi Ekspansi dengan
pilihan:
1.
Rumah Makan Ayam Lepaas harus selalu melakukan inovasi
atau menciptakan cita rasa yang baru dan unik.
2.
Karena saat ini banyak sekali rumah makan yang menu
utamanya adalah ayam. Oleh karena itu, Rumah Makan Ayam Lepaas tidak hanya
mempunyai keunikan pada rasa sambalnya tetapi juga harus memiliki keunikan dari
segi rasa pada bahan baku utamanya yaitu ayam.
3.
Rumah Makan Ayam Lepaas bisa menambahkan lagi beragam
menu seperti Ayam Lepaas dipenyet atau digeprek, agar pelanggan tidak merasa
bosan dan akan selalu berkunjung pada Rumah Makan Ayam Lepaas.
4.
Dan untuk tempat Rumah Makan Ayam Lepaas harus
memperluas lagi serta menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para
pelanggannya agar pelanggan merasa nyaman.
Gambar
dari Karyawan pada Rumah Makan Ayam Lepaas Cabang Walang Baru Koja Jakarta
Utara. Karyawan yang bekerja pada Rumah Makan Ayam Lepaas Cabang Walang Baru Koja
Jakarta Utara berjumlah 7 orang.
terimakasih Kak atas informasinya, sangat bermanfaat
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran