Selasa, 11 Juli 2017

ANALISIS SWOT USAHA DISTRO MOXIE CLOTH

ROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

" USAHA DISTRO MOXIE CLOTH "

PENULIS : Sari Melati
NPM : 1436010010

Mata-Kuliah : Strategi & Kebijakan Bisnis / Manajemen Strategik
Dosen Pengampu : Pristiana Widyastuti,SAB.,MAB.,MBA




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Identitas Perusahaan
1.         Nama Perusahaan
MOXIE INCONSPIRACY

2.         Bidang Usaha
CLOTH DISTRO

3.         Jenis Produk / Jasa
PRODUK PAKAIAN, CELANA, TOPI, TAS, SEPATU

4.         Alamat Perusahaan
JL. KEMBAR BARU SELATAN 3 NO.2 MOH. TOHA BANDUNG – INDONESIA

5.         Alamat Store
1. JL. TEBET UTARA DALAM NO. 13 TEBET JAKARTA SELATAN
2. JL. MINDI BLOK M NO. 27 KOJA JAKARTA UTARA

6.         Nomor Telepon/Fax
08977170001

7.         Alamat E-mail
MOXIE_CLOTH@YAHOO.COM

8.         Mulai Berdiri
AGUSTUS 2009

9.         Jumlah Karyawan
> 5 STAFF



1.2. PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
BAMBANG CAHYADI

2.         Jabatan
OWNER / PEMILIK



1.3. Photo Store
Salah satu toko yang berada di Jakarta utara




BAB II
PEMBAHASAN

2.1. ANALISIS SWOT
Berikut analisis swot dari usaha Distro Moxie :

STRENGTH
Ø  Harga terjangkau.
Ø  Memasarkan produk via online, media secial berupa Twitter, facebook dan instagram.
Ø  Lokasi yang strategis di pinggir jalan dan mudah di jangkau.
Ø  Desain original distro dan produksi memiliki konveksi sendiri di bandung.
Ø  Kualitas produk dan bahan unggulan.

WEAKNESS
Ø  Kurang nya pemasaran atau event yang kurang.
Ø  Keterbatasan model (talent) untuk katalog produk.
Ø  Penjualan yang kurang.
Ø  Keterbatasan modal usaha.
Ø  Kurang lahan parkir untuk pelanggan distro.

OPPORTUNITY
Ø  Berinovasi dengan produk yang terupdate.
Ø  Menguasai pangsa pasar dengan produk update trend anak muda.
Ø  Membuka cabang baru di lokasi potensial.
Ø  Bekerja sama dengan reseller resmi yang menjual produk original distro moxie.
Ø  Memasarkan produk dengan cara lain, seperti produk yang dikenakan oleh komunitas, band, dan selebriti (endorse) kemudian di posting di account sosial mereka.

THREAT
Ø  Adanya peniru dari pesaing / pasar yang menduplikasi desain / produk.
Ø  Banyaknya konsumen yang tertipu dengan adanya produk palsu, sehingga menurunkan citra merek keoriginalan produk distro.
Ø  Penurunan penjualan, karena produk yang di pasarkan tidak mencapai target.
Ø  Permainan harga pesaing.
Ø  Pendatang baru sejenis.

2.2. Strategi SWOT

S
W
0
-          Menjangkau calon pelanggan yang lebih luas dengan media social.
-          Menciptakan inovasi produk baru yang berbeda dari pesaing.
-          Mensupply produk jadi dari konveksi sendiri ke reseller yang lebih banyak.

-          Mengikuti event yang berskala besar.
-          adakan promosi besar-besaran untuk
meningkatkan
minat customer dan penjualan.
-          Menambah modal / bekerja sama dengan investor untuk mengembangkan usaha.
T
-          Mematenkan hak cipta brand (merek) distro.
-          Selalu mengupdate harga jual dari pesaing untuk menarik customer.
-          Meyakinkan customer dengan bukti bahan yang unggulan dari peniru yang tidak sama.
-          Membuat strategi untuk meningkatkan penjualan.
-          Membuat strategi untuk mencangkup pasar lebih luas dari pendatang baru sejenis.
-          Menciri khas kan ke originalan distro dari pesaing.

2.3. Matriks SWOT
Faktor internal (Strength)

Rating
Weight
Weighted Score
Harga Terjangkau
3
0,2
0,6
Promosi media social
3
0,2
0,6
Lokasi strategis
3
0,1
0,3
Produksi sendiri
4
0,2
0,8
Kualitas bahan unggulan
4
0,3
1,2
Total
17
1
3,5

Faktor internal (Weakness)

Rating
Weight
Weighted Score
Pemasaran dan event yang kurang
2
0,3
0,6
Kurang SDM (talent)
1
0,2
0,2
Penjualan yang kurang
2
0,2
0,4
Keterbatasan modal usaha
1
0,2
0,2
Kurang lahan parkir toko
1
0,1
0,1
Total
7
1
1,5

Faktor Eksternal (Opportunity)

Rating
Weight
Weighted Score
Inovasi produk terupdate
4
0,3
0,12
Menguasai pangsa pasar anak muda
3
0,2
0,6
Membuka cabang baru potensial
2
0,2
0,4
Bekerja sama dengan re-seller resmi
2
0,1
0,2
Endorse promosi
3
0,2
0,6
Total
14
1
3,0

Faktor Eksternal (Threat)

Rating
Weight
Weighted Score
Peniru duplikasi desain produk
3
0,3
0,9
Penurunan citra merek dari produk palsu
4
0,3
0,12
Target penjualan yang tidak tercapai
2
0,1
0,2
Permainan harga pesaing
3
0,2
0,6
Pendatang baru sejenis
2
0,1
0,2
Total
14
1
3,1





2.4. Hasil Perhitungan SWOT

´  Faktor internal (Strength)                               : 3,5    
´  Faktor internal (Weaknes )                              : 1,5    
´  Faktor External (Opportunity )                       : 3,0    
´  Faktor External (Threats )                               : 3,1
           
·         Koordinat  Analisis  Internal
(Skor  total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2
 ( 3,5 – 1,5 ) : 2 = 1,0
·         Koordinat  Analisis Eksternal
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2
(3.0 – 3,1) : 2 = - 0,05

•Jadi  titik koordinatnya terletak  pada ( 1,0 ; - 0,05 )


Quadran :



BAB III
KESIMPULAN & REKOMENDASI


Dari titik koordinasi dapat ditarik kesimpulan bahwa Moxie Distro ini dapat menggunakan strategi Stability yaitu mendukung strategi rasionalisasi, dimana organisasi mempertahankan ukuran organisasinnya dan level operasi bisnisnya sekarang.. Penjelasan alternatif strategi yang dipilih adalah sebagai berikut :


Ø  Stability Usaha
1. Tetap melayani masyarakat dalam produk yang sama atau serupa.
2. Memperbaiki dan mengevaluasi pilihan sratejik lagi, sehingga bisa menggunakan langkah sratejik terbaik berikutnya.
3. Memantau pasar dan melihat kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi guna untuk meningkatkan penjualan.



Ø  Stability Pemasaran
1. Menggencarkan promosi agar posisi target penjualan tetap tercapai.
2. Menarik lebih banyak konsumen dari yang di target kan.
Alasan diusulkan strategi tersebut karena ketika industri berada pada fase pergolakan dengan beberapa industri kunci dan tekanan dari luar yang secara drastis berubah menyebabkan situasi masa depan menjadi sangat tidak dapat diprediksi. Dalam situasi seperti ini, bisnis ini bisa menggunakan strategi stabilitas dengan menjadi penonton sementara untuk melihat kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Alternative yang paling di usulkan ialah stability usaha pada point nomor 2 yaitu memperbaiki dan mengevaluasi pilihan sratejik lainnya, sehingga bisa menggunakan langkah sratejik terbaik berikutnya guna untuk mengembangkan dan memajukan bisnis usaha distro ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar