Rabu, 12 Juli 2017

ANALISIS SWOT PADA TOKO H.RUSPAI

ROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

ANALISIS SWOT " STUDI PADA TOKO H.RUSPAI JAKARTA "

PENULIS : KOMARIA
NPM : 1434020007
E-MAIL : komariahdiningrat@gmail.com




Identitas Perusahaan

Nama
: Toko H. Ruspai
Lokasi
: Jl. Muara Angke Blok H1 Utara No 23, RT/RW 06/01, Pluit,
Penjaringan,     Jakarta Utara
Jenis usaha
: Agen air mineral dan minuman instan
Jumlah karyawan’
: 5 orang
Modal awal
: 50 Juta
Omzet per bulan
: 10 Juta/ bulan



BAB II
Analisa SWOT
1.      Analisa SWOT
a.      Strengths
-          Banyak variasi produk minuman
-          Cepat dalam pengiriman
-          Kualitas baik
-          Memilki gudang penyimpanan
-          Harga terjangkau
b.      Weaknesses
-          Memiliki waktu expire pada produk minuman
-          Waktu pengiriman dari supplier lama
-          Sumber daya manusia yang kurang berpengalaman
-          Belum banyak konsumen
-          Belum banyak sarana
c.       Opportunities
-          Pangsa pasar luas
-          Rekanan dengan usaha lain
-          Membuka cabang didaerah lain
-          Membuka lapangan pekerjaan
-          Menambah sarana seperti mobil pengiriman
d.      Threats
-          Pesaing agen produk minuman sejenis
-          Kenaikan harga barang
-          Cuaca
-          Offline bank
-          Bencana alam
2.      Matrix SWOT

Strengths
Weaknesses
Opportunities
-Membuat daftar harga dan menawarkan kerjasama dengan rumah makan
-Memberikan pelayanan pengiriman setiap hari sehingga mendapatkan pangsa pasar yang luas
-Melakukan promosi ke warung bahwa terdapat berbagai jenis produk minuman instan sehingga dapat menjangkau pangsa pasar yang luas
-Membuat layout gudang yang mudah diambil sehingga proses distribusi ke konsumen cepat
-Membuat       target penjualan sehingga dapat menambah aset seperti sarana pengiriman
-Melakukan koordinasi dengan pihak supplier tentang waktu pengiriman barang sehingga dapat mengambil pangsa pasar -Menjual produk ke rekanan usaha berdasarkan produk yang masuk gudang dulu sehingga meminimalkan waktu expire pada barang
-Melakukan survey ke daerah lain sehingga memungkinkan membuka cabang dan
menambah banyak konsumen -Melakukan pelatihan kepada karyawan sehingga dapat bekerja maksimal untuk
melayani konsumen
-Membeli sarana seperti mobil dan motor pengiriman sehingga dapat menjangkau pangsa pasar yang luas
Threats
-Menyimpan produk dengan baik digudang sehingga berbeda dengan pesaing
-Membuat segmentasi pasar untuk berbagai produk minuman sehingga terhindar dari ancaman pesaing
-Memberikan saran kepada supplier agar tidak terlambat dalam pengiriman barang sehingga terhindar dari ancaman pesaing
-Merekrut karyawan yang memiliki kemampuan

-Memberikan gratis pengiriman untuk wilayah sekitar
-Membuat         daftar harga yang
mengikuti pasar
-Memberikan diskon pada saat
musim hujan
memasarkan barang
-Menjadi sponsor kegiatan yang ada disekolah sehingga berbeda dari pesaing
-Membuat sistem penyimpanan FIFO
-Menambah armada pengiriman dengan sistem kredit
3.      Internal Faktor dan Eksternal Faktor

Internal Factor
Weight
Rating
Weighted score
S
Banyak variasi produk minuman
0.3
4
1.2

Cepat dalam pengiriman
0.1
3
0.3

Kualitas baik
0.05
3
0.15

Memilki gudang penyimpanan
0.1
4
0.4

Harga terjangkau
0.05
3
0.15




2.2
W
Memiliki          waktu expire pada             produk minuman
0.1
3
0.3

Waktu pengiriman dari supplier lama
0.2
4
0.8

Sumber            daya    manusia          yang             kurang berpengalaman
0.025
2
0.05

Belum banyak konsumen
0.05
2
0.1

Belum banyak sarana
0.025
2
0.05




1.3

Total Weighted score
1

3.5

External Factor
Weight
Rating
Weighted score
O
Pangsa pasar luas
0.2
4
0.8

Rekanan dengan usaha lain
0.125
3
0.375

Membuka cabang didaerah lain
0.1
2
0.2

Membuka lapangan pekerjaan
0.05
2
0.1

Menambah     sarana             seperti             mobil pengiriman
0.1
3
0.3




1.775
T
Pesaing agen produk minuman sejenis
0.1
3
0.3

Kenaikan harga barang
0.25
4
1

Cuaca
0.025
3
0.075

Offline bank
0.025
1
0.025

Bencana alam
0.025
1
0.025




1.425

Total Weighted score
1

3.2
4.      Kuadran
Menghitung Titik Kordinat
1.      Nilai SW = (S –O) : 2  = (2.2 - 1.775) : 2 = 0.2125
2.      Nilai OT = (O – T) : 2 = (1.775 – 1.425) : 2 = 0.175
3.      Nilai kordinat berada di titik (0.2125 ; 0.175)
4.      Nilai kordinat berada di kuadran I sehingga strategi yang diambil adalah Strategi Expansion.






BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan
Berdasarkan analisa yang dilakukan pada Toko H. Ruspai yang menjadi hal utama dalam kekuatannya adalah memiliki banyak produk dan mudah dalam berjualan. Kendala yang dialami toko tersebut adalah ketika harga barang naik dan ketika supplier terlambat dalam melakukan pengiriman barang, hal tersebut dapat diatasi dengan menjalankan kegiatan pada matrix SWOT.
Rekomendasi
Menurut saya strategi yang dapat mendukung usaha tersebut adalah strategi prospector dimana perusahaan harus selalu menciptakan pasar dan menambah produk baru sehingga perusahaan toko H. Ruspai akan semakin maju dan memiliki keunggulan bersaing dari pesaing lainnya adapun strategi lain yang dapat dilakukan yaitu Strategi Diversifikasi yaitu dengan menambah usaha baru yang masih berkaitan seperti membuka usaha rumah makan dimana minumannya dapat dipasok sendiri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar