PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
WARUNG NASI SARWOWENAK
JL. Laksamana RE Martadinat, tanjung priouk, Jakarta Utara,
PENULIS : PUTRI WULANDANI
NPM : 1434020005
ANALISIS SWOT
A.
Pendahuluan
Warung Nasi
SARWOWENAK
adalah sebuah tempat
makan di Jalan Laksamana RE Martadinat, Di priouk, Jakarta Utara, Indonesia.
Sejarah Warung Nasi SARWOWENAK berawal saat Heri Gemar
memasak, dari kegemarannya itu dia memutuskan untuk membuka usaha Warung nasi
pada tahun 2013. Heri memutuskan
untuk memberi sebuah nama warung nasinya iya itu Sarwowenak, karna nama
tersebut disarankan oleh sang nenek. Dari sang nenek lah nama warung nasi
sarwowenak tercetus, awalnya warung nasi sarwowenak tidak begitu ramai karna
masyarakan belum begitu mengetahui dan pamiliar dengan warung nasinya. Namun
semenjak Heri memutuskan untuk membuat brosur dan bener, dari situlah
masyarakat sekitar mengetahui warung nasinya. Bukan hanya masyarakat sekitar
yang mengetahui keberadaan warung nasinya, namun masyarakata dari luar jakarta
utara dan luar jakarta pun mengetahinya. Awalnya warung nasi sarwowenak
memiliki karyawan 3 orang namun setelah Selang Dua tahun kemudian tepatnya
tahun 2015 Heri membuka jasa ketring maka bertambah pula lah karyawan warung nasinya
menjadi 5 orang karyawan.
Setelah Warung Nasi berkembang sangat
pesat, warung nasi sarwowenak sangat mengutamakan kecepatan dan kelihayan
kaerayawannya dalam memasak dan melayani. Untuk mendapatkan tuntunan dalam
kegiatan ini warung nasi sarwowena wajib menerapkan analisis (Strength, Weaknesses,
Opportunities, Threats) yang merupakan memiliki peran sangat penting dalam
menetapkan suatu strategi perusahaan untuk mendapatkan suatu laba yang optimal.
Analisis SWOT merupakan salah satu cara yang digunakan secara sistematis di
dalam melakukan kegiatan perusahaandalam terhadap wujud ancaman,hambatan dan
kesempatan agar dapat membedakan dampak keadaan lingkungan masa ini dan masa
yang akan datang sehingga dapat kita ditemukan masalah yang ada di dalam
permasalahan dalam yang ada serta kita mendapat solusi yang tepat dalam
menyelesaikan masalah tersebut. Dari analisis SWOT, perusahaan dapat menentukan
strategi yang paling efektif yang sejauh mungkin memanfaatkan suatu kesempatan
yang sudah ada berlandaskan pada kekuatan yang dimiliki pada warung nasi
tersebu,
warung nasi
sarwowenak sendiri
harus mempunyai strategi yang sangat strategis untuk mengatasi ancaaman dan
hambatan yang datang dari luar, serta mengatasi kelemahan yang ada. Sehingga
dalam permasalahan tersebut dapat di kendalikan sebaik mungkin serta
mendapatkan solusi.
B. Teori
1. Analisis
SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan
yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini
didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan
(strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat
meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam
sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu
berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan
perusahaan yang menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan
strategis yang efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil
keuntungan harus menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan (
peluang,kekuatan, kelemahan dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat
inidan yang akan datang , hal ini disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis
situasi yang paling terkenal dan populer saat ini adalah analisis swot,
analisis situasi adalah analisis SWOT.
2. Cara
Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan
Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan
dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu
membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan
(weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats)
Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal
yang dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.
C. Pembahasan
1. WARUNG NASI
SARWOWENAK
a. Kekuatan (Strengths)
·
Strategi bauran pemasaran Wrung nasi Sarwowenak yang efektif dengan dengan
mempromosikan lewat media cetak seperti brosur dan bener sehingga setiap masyarakat dengan melihat acara tersebut pasti
akan mengenali warung nasi sarwowenak tersebut.
·
Warung nasi sarwowenak selalu berinovasi agar produknya
tidak ketinggalan jaman dan menghasilkan produk yang selalu memberi warna bagi konsumennya.
·
Menjadi warung nasi yang unggul di daerah jakarta utara. Warung nasi sarwowenak memilkisuatu harapan yang akan
menjadi acuan untuk Menjadi yang terunggul dalam nilai penjualan dan keuntungan
di industri makanan.
·
Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang berdedikasi,
terampil dan termotivasi dari segenap karyawan yang ingin terus untuk belajar.
b. Kelemahan (Weaknesses)
·
Kurangnya pemasaran ke seluruh daerah yang ada
dijakarta utara.
·
Kurangnya kontak langsung dengan pelanggan.
·
Kurangnya pasilitas yang mendukung.
·
Produk hanya diminati di Indonesia saja.
c. Kesempatan (Opportunities)
·
Luasnya potential market yang terjadi di dunia kuliner atau
makanan
di Indonesia.
·
Stabilitas ekonomi yang relative baik dengan pertumbuhan
yang mengembirakan bagi ekonomi Indonesia sebesar 6,3%.
·
Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan mkebutuhan
pangan.
·
Tingginya kepuasan konsumen bisa dilihat yang dicapai warung nasi
arwowenak
yang setiap tahun mendapatkan kurang lebih 300 juta.
·
Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas warung nasi
sarwowenak.
d. Ancaman (Threats)
·
Melemahnya daya beli konsumen dikarenakan adanya produk
pesaing dengan poasilitas warung yang memadai.
·
Warga yang ditawarkan pesaing lebih rendah.
·
Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari warung nasi
menjadi lestoran, caffe dan lestoran yang menawarkan makanan-makanan luar
negri.
·
Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan seperti
kertas pembungkus nasi, bahan makanan yang makin melonjak.
D. Grouping menjadi matrix
Strenght
|
Weakness
|
|
Opportunity
|
-
Dengan luasnya potensi pasar industri makanan melakukan promosi melalui media cetak.
-
Stabilitas ekonomi yang baik, warung nasi sarwowenak terus berinovasi terhadap produknya.
-
Tingginya ketergantungan terhadap bahan pokok makanan menjadikan warung nasi arwowena masih diminati.
-
Untuk meningkatkan kepuasan konsumen warung nasi sarwowenak memiliki karyawan yang berdedikasi.
|
-
Luasnya potensi pasar makanan, warung nasi sarwowenak harus memasarkan produknya keseluruh daerah dijakarta utara.
-
Stabilitas ekonomi yang baik di Indonesia, warung nasi sarwowenak harus
melakukan kontak langsung dengan pelanggan di luar jakarta.
-
Meskipun harga bahan makanan dan kemasannya mahal namun adanya ketergantungan terhadap bahan makanan pokok sehingga tidak bermasalah.
-
Tingginya loyalitas warung nasi sarwowenak melakukan inovasi produk tidak hanya untuk konsumen didaerah jakarta sakja.
|
Threat
|
-
Warung nasi sarwowenak melakukan promosi media cetak agar meningkatkan daya beli konsumen.
-
Warung nasi sarwownwk telah menjadi unggulan warung nasi yang
menjadikan keuntungan besar sehingga pesaing tidak menjadi hambatan lagi.
-
Warung nasi sarwowenak selalu berinovasi untuk mengatasi akan adanya perubahan minat konsumen.
-
Dengan tim yang berdedikasi, warung nasi sarwowenak akan meminimalkan harga produksi.
|
-
Kurangnya pemasaran keseluruh daerah di jakarta utara dan melemahnya daya beli konsumen karena adanya
produk produk pesaing .
-
Warung nasi sarwowenak kurang melakukan kontak langsung dengan pelanggan luar jakarta.
-
Mahalnya harga bahan baku dan kemasan.
-
Produk hanya diminati di Indonesia saja dan kenaikan bahan baku dari
kertas pembungkus dan bahan baku makanan harga produksi semakin meningkat.
|
E. Hasil Analisis SWOT :
WEIGHT
|
RATING
|
SCORE
|
||
Strengths
|
1. Promosi Media cetak
2. Berinovasi
Produknya
3. Pemimpin warung nasi unggulan dijakarta utara
4. Tim yang Berdedikasi
|
0.1
0.12
0.15
0.1
|
3
3
4
3
|
0.3
0.36
0.6
0.3
1.56
|
Weakness
|
1. Kurangnya
Pemasaran Keseluruh Daerah jakarta
2. Kurang
Kontak Langsung kekonsumen luar
jakarta
3. Bahan baku berharga mahal
4. Produk
Hanya Dinikmati di Indonesia saja
|
0.08
0.12
0.09
0.07
Jml
: 1
|
2
4
3
2
|
0.24
0.48
0.27
0.14
1.13
|
Opportunities
|
1. Luasnya
Potensi Pasar di bidang makanan
2. Stabilitas
Ekonomi di Indonesia
3. Tingginya
Tingkat Ketergantungan Masyarakat pada
bahan pokok makanan
4. Kepuasan
Konsumen
5. Tinggi
dan Stabilnya loyalitas konsumen
|
0.1
0.1
0.12
0.1
0.09
|
3
3
4
3
2
|
0.3
0.3
0.48
0.3
0.18
1.56
|
Threat
|
1. Melemahnya
daya beli konsumen
2. Perubahan
trend gaya hidup
3. Kenaikan
bahan baku atau tingginya harga produksi
4. Adanya
pesaing dibidang makanan
|
0.1
0.09
0.12
0.08
Jml
: 1
|
3
2
4
2
|
0.3
0.18
0.48
0.16
1.12
|
Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari
analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti ditulis di atas, hasilnya
dapat diuraikan sebagai berikut:
Strengths :
1.56
Weekness :
1.13
Opportunities : 1.56
Threat :
1.12
Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2
Jadi :
SW = (1.56 – 1.13
) /2 = 0.215
OT = (1.56 – 1.12 ) /2 = 0.22
( 0.215
, 0.22)
Maka, penentuan posisi perusahaan dapat
digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Diagram SWOT :
Dapat
disimpulkan bahwa warung nasi
sarwowenak mampu memberikan inovasi baru dalam
setiap produksinya dan melakukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan
efisien. Serta warung nasi
sarwowenak jauh lebih mampu mempromosikan
produk-produknya agar warung nasi
sarwowenak dapat menjelajahi warung nasi terkemuka di Indonesia dan dapat menciptakan
produk yang lebih berinovasi serta berkualitas.
F.
SARAN
Sesuai
grafik diatas Warung Nasi Sarwowenak
berada di kuadran I yaitu harus melakukan Expansi dengan pilihan :
-
memasarkan produk ke Go Internasional
-
berinovasi produk
Alasan
dan pertimbangan dua pilihan tersebut yaitu :
-
jika Warung Nasi Sarwowenak memasarkan produk ke daerah lainnya semakin
banyak pesaing sehingga membutuhkan cost yang lebh mahal
banyak pesaing sehingga membutuhkan cost yang lebh mahal
-
jika berinovasi produk cara ini lebih mudah dilakukan warung nasi sarwowenak dan
tidak begitu banyak memakan biaya.
Menurut kami pilihan yang tepat untuk dilakukan warung nasi sarwowenak dengan berinovasi produk dimana sesuai dengan pertimbangan diatas.
tidak begitu banyak memakan biaya.
Menurut kami pilihan yang tepat untuk dilakukan warung nasi sarwowenak dengan berinovasi produk dimana sesuai dengan pertimbangan diatas.
Foto
Keadaan Warung Nasi
BalasHapusTerimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
http://fauziaherbal.com/obat-herbal-polip-hidung/