Rabu, 05 Juli 2017

ANALISIS SWOT WARUNG NASI SARWOWENAK

PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

WARUNG NASI SARWOWENAK
JL. Laksamana RE Martadinat, tanjung priouk, Jakarta Utara,

PENULIS : PUTRI WULANDANI
NPM : 1434020005
 


ANALISIS SWOT

A. Pendahuluan

          Warung Nasi SARWOWENAK adalah sebuah tempat makan di Jalan Laksamana RE Martadinat, Di priouk, Jakarta Utara, Indonesia.
Sejarah Warung Nasi SARWOWENAK berawal saat Heri Gemar memasak, dari kegemarannya itu dia memutuskan untuk membuka usaha Warung nasi pada tahun 2013. Heri memutuskan untuk memberi sebuah nama warung nasinya iya itu Sarwowenak, karna nama tersebut disarankan oleh sang nenek. Dari sang nenek lah nama warung nasi sarwowenak tercetus, awalnya warung nasi sarwowenak tidak begitu ramai karna masyarakan belum begitu mengetahui dan pamiliar dengan warung nasinya. Namun semenjak Heri memutuskan untuk membuat brosur dan bener, dari situlah masyarakat sekitar mengetahui warung nasinya. Bukan hanya masyarakat sekitar yang mengetahui keberadaan warung nasinya, namun masyarakata dari luar jakarta utara dan luar jakarta pun mengetahinya. Awalnya warung nasi sarwowenak memiliki karyawan 3 orang namun setelah Selang Dua tahun kemudian tepatnya tahun 2015 Heri membuka jasa ketring maka bertambah pula lah karyawan warung nasinya menjadi 5 orang karyawan.
Setelah Warung Nasi berkembang sangat pesat, warung nasi sarwowenak sangat mengutamakan kecepatan dan kelihayan kaerayawannya dalam memasak dan melayani. Untuk mendapatkan tuntunan dalam kegiatan ini warung nasi sarwowena wajib menerapkan analisis (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang merupakan memiliki peran sangat penting dalam menetapkan suatu strategi perusahaan untuk mendapatkan suatu laba yang optimal.
            Analisis SWOT merupakan salah satu cara yang digunakan secara sistematis di dalam melakukan kegiatan perusahaandalam terhadap wujud ancaman,hambatan dan kesempatan agar dapat membedakan dampak keadaan lingkungan masa ini dan masa yang akan datang sehingga dapat kita ditemukan masalah yang ada di dalam permasalahan dalam yang ada serta kita mendapat solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut. Dari analisis SWOT, perusahaan dapat menentukan strategi yang paling efektif yang sejauh mungkin memanfaatkan suatu kesempatan yang sudah ada berlandaskan pada kekuatan yang dimiliki pada warung nasi tersebu, warung nasi sarwowenak sendiri harus mempunyai strategi yang sangat strategis untuk mengatasi ancaaman dan hambatan yang datang dari luar, serta mengatasi kelemahan yang ada. Sehingga dalam permasalahan tersebut dapat di kendalikan sebaik mungkin serta mendapatkan solusi.

B. Teori

1.      Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis SWOT.
2.      Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal yang  dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.




C. Pembahasan

1. WARUNG NASI SARWOWENAK
a. Kekuatan (Strengths)
·         Strategi bauran pemasaran Wrung nasi Sarwowenak yang efektif dengan dengan mempromosikan lewat media cetak seperti brosur dan bener sehingga setiap masyarakat dengan melihat acara tersebut pasti akan mengenali warung nasi sarwowenak tersebut.
·         Warung nasi sarwowenak selalu berinovasi agar produknya tidak ketinggalan jaman dan menghasilkan produk yang selalu memberi warna bagi konsumennya.
·         Menjadi warung nasi yang unggul di daerah jakarta utara. Warung nasi sarwowenak memilkisuatu harapan yang akan menjadi acuan untuk Menjadi yang terunggul dalam nilai penjualan dan keuntungan  di industri makanan.
·         Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang berdedikasi, terampil dan termotivasi dari segenap karyawan yang ingin terus untuk belajar.

b. Kelemahan (Weaknesses)
·         Kurangnya pemasaran ke seluruh daerah yang ada dijakarta utara.
·         Kurangnya kontak langsung dengan pelanggan.
·         Kurangnya pasilitas yang mendukung.
·         Produk hanya diminati di Indonesia saja.

c. Kesempatan (Opportunities)
·         Luasnya potential market yang terjadi di dunia kuliner atau makanan di Indonesia.
·         Stabilitas ekonomi yang relative baik dengan pertumbuhan yang mengembirakan bagi ekonomi Indonesia sebesar 6,3%.
·         Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan mkebutuhan pangan.

·         Tingginya kepuasan konsumen bisa dilihat yang dicapai warung nasi arwowenak yang setiap tahun mendapatkan kurang lebih 300 juta.
·         Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas warung nasi sarwowenak.

d. Ancaman (Threats)
·         Melemahnya daya beli konsumen dikarenakan adanya produk pesaing dengan poasilitas warung yang memadai.
·         Warga yang ditawarkan pesaing lebih rendah.
·         Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari warung nasi menjadi lestoran, caffe dan lestoran yang menawarkan makanan-makanan luar negri.
·         Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan seperti kertas pembungkus nasi, bahan makanan yang makin melonjak.



D. Grouping menjadi matrix


Strenght
Weakness
Opportunity
-          Dengan luasnya potensi pasar industri makanan melakukan promosi melalui media cetak.
-          Stabilitas ekonomi yang baik, warung nasi sarwowenak terus berinovasi terhadap produknya.
-          Tingginya ketergantungan terhadap bahan pokok makanan menjadikan warung nasi arwowena masih diminati.
-          Untuk meningkatkan kepuasan konsumen warung nasi sarwowenak memiliki karyawan  yang berdedikasi.

-          Luasnya potensi pasar makanan, warung nasi sarwowenak harus memasarkan produknya keseluruh daerah dijakarta utara.
-          Stabilitas ekonomi yang baik di Indonesia, warung nasi sarwowenak  harus melakukan kontak langsung dengan pelanggan di luar jakarta.
-          Meskipun harga bahan makanan dan kemasannya mahal namun adanya ketergantungan terhadap bahan makanan pokok sehingga tidak bermasalah.
-          Tingginya loyalitas warung nasi sarwowenak melakukan inovasi produk tidak hanya untuk konsumen didaerah jakarta sakja.
Threat
-          Warung nasi sarwowenak melakukan promosi media cetak agar meningkatkan daya beli konsumen.

-          Warung nasi sarwownwk telah menjadi unggulan warung nasi  yang menjadikan keuntungan besar sehingga pesaing tidak menjadi hambatan lagi.
-          Warung nasi sarwowenak selalu berinovasi untuk mengatasi akan adanya perubahan minat konsumen.
-          Dengan tim yang berdedikasi, warung nasi sarwowenak akan meminimalkan harga produksi.

-          Kurangnya pemasaran keseluruh daerah di jakarta utara dan melemahnya daya beli konsumen karena adanya produk produk pesaing .
-          Warung nasi sarwowenak kurang melakukan kontak langsung dengan pelanggan luar jakarta.
-          Mahalnya harga bahan baku dan kemasan.
-          Produk hanya diminati di Indonesia saja dan kenaikan bahan baku dari kertas pembungkus dan bahan baku makanan harga produksi semakin meningkat.




 E. Hasil Analisis SWOT :




WEIGHT
RATING
SCORE
Strengths







1. Promosi       Media cetak
2. Berinovasi Produknya
3. Pemimpin warung nasi unggulan dijakarta utara
4. Tim                    yang Berdedikasi

0.1
0.12

0.15

0.1


3
3

4

3

0.3
0.36

0.6

0.3
1.56

Weakness
1. Kurangnya Pemasaran Keseluruh Daerah jakarta
2. Kurang Kontak Langsung kekonsumen luar jakarta
3. Bahan baku berharga mahal
4. Produk Hanya Dinikmati di Indonesia saja

0.08

0.12

0.09

0.07

Jml : 1


2

4

3

2

0.24

0.48

0.27

0.14
1.13

Opportunities
1. Luasnya Potensi Pasar di bidang makanan
2. Stabilitas Ekonomi di Indonesia
3. Tingginya Tingkat Ketergantungan  Masyarakat pada bahan pokok makanan
4. Kepuasan Konsumen
5. Tinggi dan Stabilnya loyalitas konsumen
0.1

0.1

0.12

0.1

0.09


3

3

4

3

2
0.3

0.3

0.48

0.3

0.18
1.56
Threat
1. Melemahnya daya beli konsumen
2. Perubahan trend gaya hidup
3. Kenaikan bahan baku atau tingginya harga produksi
4. Adanya pesaing dibidang makanan
0.1
0.09

0.12

0.08


Jml : 1
3
2

4

2



0.3
0.18

0.48

0.16
1.12



Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti ditulis di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:

Strengths         : 1.56
Weekness        : 1.13
Opportunities  : 1.56
Threat              : 1.12

Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2

Jadi :
SW = (1.56 – 1.13 ) /2 = 0.215
OT = (1.56 – 1.12 ) /2 = 0.22
( 0.215 , 0.22)

Maka, penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Diagram SWOT :



Dapat disimpulkan bahwa warung nasi sarwowenak mampu memberikan inovasi baru dalam setiap produksinya dan melakukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Serta warung nasi sarwowenak  jauh lebih mampu mempromosikan produk-produknya agar warung nasi sarwowenak dapat menjelajahi warung nasi  terkemuka di Indonesia dan dapat menciptakan produk yang lebih berinovasi serta berkualitas.


F. SARAN

Sesuai grafik diatas Warung Nasi Sarwowenak berada di kuadran I yaitu harus melakukan Expansi dengan pilihan :

- memasarkan produk ke Go Internasional
- berinovasi produk
Alasan dan pertimbangan dua pilihan tersebut yaitu :
- jika Warung Nasi Sarwowenak  memasarkan produk ke daerah lainnya semakin
   banyak pesaing sehingga membutuhkan cost yang lebh mahal
- jika berinovasi produk cara ini lebih mudah dilakukan warung nasi sarwowenak  dan
   tidak begitu banyak memakan biaya.

Menurut kami pilihan yang tepat untuk dilakukan warung nasi sarwowenak dengan berinovasi produk dimana sesuai dengan pertimbangan diatas.



Foto Keadaan Warung Nasi








1 komentar:


  1. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
    http://fauziaherbal.com/obat-herbal-polip-hidung/

    BalasHapus