Selasa, 11 Juli 2017

ANALISIS SWOT SAHA DISTRO FAIRA FRE FASHION WANITA

ROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

"USAHA DISTRO FAIRA FRE FASHION WANITA "

PENULIS : CITRA NURANI GEA
NPM : 14334020006
E-MAIL : chytra96@gmail.com


Mata-Kuliah : Strategi&KebijakanBisnis / ManajemenStrategik
Dosen Pengampu : PristianaWidyastuti,SAB.,MAB.,MBA





I.  PENDAHULUAN

1.1 Identitas Perusahaan
1.   Nama Perusahaan
FAIRA FRE

2.   Bidang Usaha
CLOTH DISTRO

3.   Jenis Produk / Jasa
PRODUK PAKAIAN, CELANA

4.   Alamat Perusahaan
JL. PERMAI-KOJA LOKBIN BLOK A .NO 39 JAKARTA UTARA

5.   Nomor Telepon/Fax
081382995090


6.  Mulai Berdiri
SEPTEMBER 2008

7.  JumlahKaryawan
 5 STAFF



1.2. PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
DEFRIANTO

2.         Jabatan
OWNER / PEMILIK



  
1.3. Photo Store
Salah satu toko yang berada di daerah Jakarta utara



  
II.  PEMBAHASAN

2.1 Analisis SWOT

Strength
      Harga terjangkau untuk semua strata kalangan
      Produk yang beragam
      Tempat yang strategis
      Gampang dijangkau oleh konsumen
      Pelayanan yang unggul

Weakness
      Kurang cepatnya usaha bisnis tersebut dalam mengikuti tren pasar dalam bidang inovasi dibanding kompetitornya.
      Produk yang dipasarkan lebih cenderung mengena pada segmen pasar anak muda (wanita) dibanding anak-anak dan orang tua
      Memiliki karyawan yang kurang berpengalaman dalam menawarkan suatu barang
      Keterbatasan modal (dana)
      Keterbatasan model 

Opportunity
      Barang  yang sudah terkenal modelnya dan nyaman dipakai sehingga memiliki banyak permintaan terhadap varian model
      Mengembangkan jenis produk untuk kalangan anak – anak dan orang tua dengan berbagai model
      Keinginan untuk membuka cabang baru diluar pulau jawa
      Memperoleh keuntungan yang lumayan besar
      Permintaan pasar yang semakin meningkat

Threats
      Barang bisa saja ditolak
      Banyak pesaing yang sejenis produk/barangnya
      Permainan harga pesaing
      Faktor lingkungan
      Jarang dikunjungi oleh konsumen      



2.2  Strategi Analisis (SO) (ST) (WO) (WT)

Strength
Weakness
Opportunity
-          Selalu melakukan riset dan pengembangan pada suatu produk sehingga dapat menghasilkan dan memberikan pelayanan yang unggul kepada konsumen dibandingkan dengan competitor
-          Berinovasi dalam memberikan merek dan juga model terhadap suatu produk yang akan dipasarkan
-          Mempertahankan produk yang sudah dikenal oleh banyak orang yang dari dulu hingga sekarang

Threats
-          Banyaknya pendatang baru yang lebih memberikan  keunggulan competitive sehingga sedikit membuat kita dalam menganalisis segmen pasar yang lain dengan competitor lainnya misalnya menambahkan pelayanan kepada konsumen,menghadirkan model terhadap produk,juga harga suatu barang
-          Menciptakan suatu merek dan model yang lebih menarik perhatian konsumen untuk membelinya
-          Membuatstrategiuntukmeningkatkan penjualan

2.3  Matriks SWOT
Faktor internal (Strength)

Weight
Rating
Weighted Score
      Harga terjangkau untuk semua strata kalangan
0.07
3
0.21
      Produk yang beragam
0.04
3
0.06
      Pelayanan yang unggul
0.06
3
0.18
      Tempat yang strategis
0.09
4
0.36
      Gampang dijangkau oleh konsumen
0.08
3
0.24
Total
0.34

1.05
Faktor internal (Weakness)



      Kurang cepatnya usaha bisnis tersebut dalam mengikuti tren pasar dalam bidang inovasi dibanding kompetitornya.
0.1
3
0.3
      Produk yang dipasarkan lebih cenderung mengena pada segmen pasar anak muda (wanita) dibanding anak-anak dan orang tua
0.2
3
0.6
      Memiliki karyawan yang kurang berpengalaman dalam menawarkan suatu barang
0.2
3
0.6
      Keterbatasan modal (dana)
0.08
2
0.16
      Keterbatasan model
0.08
3
0.24
Total
0.66

1.9
Total Weight Score
1

2.95





Faktor eksternal (opportunity)

Weight
Rating
Weighted Score
      Barang  yang sudah terkenal modelnya dan nyaman dipakai sehingga memiliki banyak permintaan terhadap varian model
0.07
3
0.21
      Mengembangkan jenis produk untuk kalangan anak – anak dan orang tua dengan berbagai model
0.1
4
0.4
      Keinginan untuk membuka cabang baru diluar pulau jawa
0.04
2
0.08
      Memperoleh keuntungan yang lumayan besar
0.07
3
0.21
      Permintaan pasar yang semakin meningkat
0.1
3
0.3

0.38

0.9
Faktor eksternal (Threats)



      Barang bisa saja ditolak
0.2
4
0.8
      Banyak pesaing yang sejenis produk/barangnya
0.08
3
0.24
      Permainan harga pesaing
0.07
2
0.14
      Faktor lingkungan
0.2
3
0.6
      Jarang dikunjungi oleh konsumen
0.07
3
0.21
Total
0.62

1.99
Total Weight Score
1

2.89

2.4.  Hasil Perhitungan SWOT

1.  Masing-masing total kekuatan (S), kelemahan (W), Peluang (O), ancaman(T)
Total :
´  Faktor internal (Strength)                               : 1.05  
´  Faktor internal (Weaknes )                              : 1.9    
´  Faktor External (Opportunity )                       : 0.9    
´  Faktor External (Threats )                               : 1.99

2.  Nilai SW = ( S-O ) : 2 → ( 1.05-0.9 ) : 2 = 0.6
3.  Nilai OT  = ( O-T ) : 2 → ( 0.9-1.99 ) : 2 = 0.095
4.  Nilai koordinat berada di titik (0.6 ; 0.095)



Kuadran





5.  Nilai koordinat berada pada kuadran II sehingga strategi yang diambil adalah strategi diversifikasi.



C.  KESIMPULAN
Dari titik koordinasi dapat ditarik kesimpulan bahwa FAIRA FRE ini dapat menggunakan strategi Diversifikasi yaitu mendukung strategi diversifikasi, dimana organisasi usaha tersebut mempertahankan ukuran organisasinnya dan level operasi bisnisnya sekarang. Penjelasan alternative strategi yang dipilih adalah sebagai berikut :

Strategi Diversifikasi

*      Mentransfer keahlian yang bernilai secara kompetitif, tips dan trik teknologis,atau kapabilitas lain dari satu bisnis yang lain.
*      Memadukan aktivitas-aktivitas terkait dari bisnis yang terpisah ke dalam satu operasi tunggal untuk mencapai biaya yang lebih rendah.
*      Memanfaatkan nama merek yang sudah dikenal luas.

*      Kerja sama lintas bisnis untuk menciptakan kekuatan dan kapabilitas sumber daya yang bernilai secara kompetitif

*      Menambahkan pelayanan yang unggul sehingga konsumen semakin tertarik terhadap usaha tersebut.





TERIMA KASIH…
J J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar