Rabu, 12 Juli 2017

ANALISIS SWOT DISTRO A2G

ROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

" USAHA DISTRO A2G "
Jln. Keramat Jaya No 1 Jakarta Utara

PENULIS : SANDRA SETIWAN
NPM : 133204020024





BAB I


PENDAHULUAN

1.1    Identitas kariawan
1.       Nama perusahaan    :  A2G
2.      Bidang usaha              : DISTRO
3.      Jenis produk /jasa     : PRODUK CELANA,TOPI, BAJU, BAJU COWOK,SEPATU
4.      Alamat perusahaan   : JL KERAMAT JAYA  NO 1 JAKARTA UTARA
5.      Mulai berdiri              : APRIL 2017
6.      Jumlah kariawan       :5 STAFF

1.2 PEMILIK/ PENGURUS
Adapun masalah yang akan dibahas pada makalah  ini adalah:
1.   NAMA          : ALFATIR HIDAYAT
2.    JABATAN  : OWNER/ PETANGGNG JAWAT




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 ANALISIS SWOT
 Stenghts ( Kekuatan)
1.      Barang yang di jual berbeda  dengan barang  distro lain
2.      Tempat yang stategis
3.      Harga yang cukup terjangku
4.      Produk yang beragam

 Weaknes (kelemahan)
  1. Pendatang baru
2  Memiliki kariawan yang kurang berpengalaman  dalam hal melayani  orang 3. Cash flow kadang kadang kurang lancar
4. modal  yang minin

 Oportunities (Peluang)
1.Bisnis yang saya teliti ini  pada zaman sekarang  sangan menjanjikan
2. Banyaknya  peminat dari semua kalangan
3. Untung yang lumayan
4.permintaan pasar yang semakin meningkat

 Threats (Ancaman)
  1. Pendatang baru
  2. Mudah ditiru
  3. Perkembangan teknologi  yang sangat cepat
  4. Factor  lingkunan

2.2 Strategi analisis (SO) (ST) (WO) (WT)

KEKUATAN
(S)
KELEMAHAN
(W)
PELUANG
(O)
Barang yang di jual berbeda dari  tokoh yang lain mengakibatkan banyaknya peminat dri semua kalangan
(Stategi S-O)
Banyaknya pendatang baru  mengakibatkan   untung yang semakin meningkat
(Statego W-O)
ANCAMAN
(T)
Memberikan  kualitas untuk menghadapi  teknonogi yang semakin maju
(Stategi S-T)
Memberikan kualitas  untuk menghadapi teknologi yang semakin maju
(Stategi W-T)

2.3 MATRIK SWOT
Faktor internal (Strenght)
Weight
rating
weighted
Barang yang di jual berbeda  dengan ditro lain
0,09
3
0,31
Tenpat yang  stategis
0,09
6
0,06
Harga  cukup terjangkau
0,08
4
0,36
Produk yang beragam
0,08
3
0,32
total
0,34

1,5
Faktor  internal (Weakness)



Pendatang baru
0,1
5
0,9
Kariawan yang kurang  berpengalam dalam hal melayani konsumen
0,4
3
0,6
Cash flow kadang kadang kurang lancer
0,09
3
0,21
Modal yang minin
0,07
3
0,19
Total
0,66

1,9
Total weight score
1

2,95
Faktor ekternal (opportunity)



Bisnis yang saya teliti  sakarang ini sangat menjanjikan
0,07
2
0,21
Banyaknya permintaan dari semua kalangan
0,2
6
0,4
Untung yang lumayan
0,07
3
0,08
Permintaan pasar yang semakin meningkat
0,04
4
0,21
Total
0,38

0,09
Faktor ekternal (theats)



Pendatang baru
0,4
5
0,8
Perkembangan teknologi yangsangat cepat
0,08
2
0,34
Mudah ditiu
0,07
3
0,6
Faktor lingkungan
0,07
2
0,25
Total
0,62
3
1,99
Total weight score
1

2,89

2.4 Hasil perhitungan SWOT

1.Masiang-masiang total Kekuatan (S),Kelemahan (W), Peluang (P), Ancaman(T)
Total:

Faktor Internal (Strength)             : 1.05
Faktor Internal (Weaknes)            : 1.9
Faktor External (Opportunity)     : 0.9
Faktor External (Threats)             :1.99

2. Nilai SW= (S-O) : 2  - ( 1.05-0.9 ) : 2 = 0.6
3. Nilai OT=   (O-T) :2  - ( 0.9-1.99 )  :2 = 0.095
4.Nilai koordinat berada di titik  (0.6: 0.095)

 Gambar  tokoh





Kuadran





5.Nilai koordinat  berada pada kuadran II sehingga stategi yang diambil adalah   stategi diverensiasi




BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan

·      Dari hasih penelitian yang saya lakukan   di distro A2G ini maka saya dapat mengambil kesimpulan
Bahawa  bisnis distro ini sangat menjanjikan bagai kalangan remaja seperti saya ini karna berbisnis seperti ini gak aka nada matinya dan barang yang kita jual gak   akan bisa busuk   dan bisnis ini  sangat sempurna  menurut saya karna  semua orang pasti membutuhkan namanya pakaian 
.

3.2 Saran
Dari  usaha yang saya teliti   maka diharapkan usaha yang saya teliti ini berguna bagi  kawan kawan yang akan  atau  berminat uantuk membuka usaha makro karna  masih banyak yang perlu kita pelajari dalam membuat usaha makro agar usaha yang kita  jalani berjalan seperti apa yang kita ingingkan

v  Strategi Diversifikasi

o   Mentransfer keahlian yang bernilai secara kompetitif, tips dan trik teknologis,atau kapabilitas lain dari satu bisnis yang lain.
o   Memadukan aktivitas-aktivitas terkait dari bisnis yang terpisah ke dalam satu operasi tunggal untuk mencapai biaya yang lebih rendah.
o   Memanfaatkan nama merek yang sudah dikenal luas.

o   Kerja sama lintas bisnis untuk menciptakan kekuatan dan kapabilitas sumber daya yang bernilai secara kompetitif

o   Menambahkan pelayanan yang unggul sehingga konsumen semakin tertarik terhadap usaha tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar