PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
Central
Farma Apotek
JL. Jenderal Sudirman,
No.29-A, Pasar Labuhan, Labuan, Pandeglang, Banten 42264, Indonesia
Penulis : Mutia Andini
Nasution
NPM : 1434020027
I.
Pendahuluan
a. Identitas Perusahaan
Central
Farma Apotek adalah sebuah Apotek yang betada di wilayah Labuan Banten. Central
Farma Apotek berdiri pada tahun 2007, apotek ini merupakan badan usaha swasta
yang didirikan oleh Dina Apriana,S.Farm.,Apt dengan surat izin apotek Nomor :
03/Yankesum-242/Kes-Apotek/I/2007 yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman,
No.29-A, Pasar Labuhan, Labuan, Pandeglang, Banten 42264, Indonesia. Apotek
Central Farma dapat dikatakan Apotek yang sudah cukup lama berdiri di wilayah
tersebut. Saat ini, Central Farma Apotek sudah memiliki 7 orang karyawan.
Central
Farma Apotek memiliki kompetitor yang cukup berat di sebelahnya apoteknya yaitu
Leo Apotek dan Fortuna Apotek. Hampir ketiga apotek tersebut menyediakan segala
jenis obat dan perlengkapan untuk bayi. Namun, dengan persaingan ketat
tersebut, Central Farma Apotek tidak takut dalam menghadapi apotek lainnya.
Dalam
pengoperasiannya, Central Farma Apotek mempunyai visi dan misi, yaitu :
- Visi
Menjadi apotek yang
menerapkan pelayanan kefarmasian yang bermutu, berkualitas dan terpercaya serta
menguntungkan bagi konsumen.
- Misi
a. Menyediakan obat,
alat kesehatan serta perbekalan kefarmasian lainnya yang bermutu, berkualitas
dan terjangkau oleh masyarakat.
b. Melaksanakan
pelayanan kefarmasian yang tepat, cepat, ramah, dan informatif.
b. Teori
1.
Analisis SWOT
Analisis
SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara
sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga
mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu
logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang
(opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan
(weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan. Dalam
Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan dengan
pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang
menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang
efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus
menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan
dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini
disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal
dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis
SWOT.
2.
Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis
SWOT adalah lingkungan internal Strength dan Weakness serta lingkungan
eksternal Opportunities dan Threats yang akan dihadapi didalam dunia bisnis
bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu membandingkan antara faktor internal
kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities)
dan ancaman (threats) Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu
strategi yang optimal yang dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi
pengusaha.
II.
Pembahasan
Analisis SWOT Apotek Central Farma
1. Kekuatan/Strength
·
Lokasi
yang strategis. Dimana apotek tersebut berada di lokasi yang dekat dengan
pasar.
·
Apoteker
yang selalu stand‐by di apotek, siap memberikan layanan dan konsultasi
seputar obat.
·
Harga
yang bersaing. Dimana harga obat lebih murah jika dibandingkan dengan apotek
lain.
·
Kelengkapan
produk. Dimana apotek ini tidak hanya menyediakan obat, tetapi menyediakan
produk kebutuhan lain, contohnya susu, perlengkapan bayi dan perlengkapan
kebutuhan wanita.
·
Sudah
memiliki izin sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
2. Kelemahan/Weakness
·
Merupakan
apotek baru, belum dikenal oleh masyarakat.
·
Sulitnya
mendapatkan tenaga kerja yang kompeten, terutama tenaga kerja kefarmasian.
·
Merupakan
apotek swasta yang berdiri sendiri dan bukan suatu apotek jaringan atau
waralaba.
·
Masih
kurangnya ketersediaan obat-obatan pada resep yang dibutuhkan pasien.
·
Kurang
peduli dengan ketatnya persaingan.
3. Peluang/Opportunity
·
Luasnya
pangsa pasar.
·
Apoteker
sebagai sarana pengganti dokter.
·
Kelonggaran
dalam sistem pembayaran.
·
Produk
yang selalu dibutuhkan.
·
Kesadaran
masyarakat akan kesehatan semakin tinggi.
4. Ancaman/Threaths
·
Rumitnya
perizinan pendirian apotek.
·
Maraknya
penyalahgunaan obat-obatan.
·
Peningkatan
kenaikan tarif pajak terhadap obat-obatan.
·
Adanya
isu tentang makanan dan obat berbahaya.
·
Ketatnya
persaingan dengan apotek lain (Fortuna Apotek & Leo Apotek).
Matriks SWOT
Internal
Eksternal
|
Strenght
·
Lokasi yang
strategis. Dimana apotek tersebut berada di lokasi yang dekat dengan pasar.
·
Apoteker yang
selalu stand‐by
di apotek, siap memberikan layanan dan konsultasi seputar obat.
·
Harga yang
bersaing. Dimana harga obat lebih murah jika dibandingkan dengan apotek lain.
·
Kelengkapan
produk. Dimana apotek ini tidak hanya menyediakan obat, tetapi menyediakan
produk kebutuhan lain, contohnya susu, perlengkapan bayi dan perlengkapan
kebutuhan wanita.
·
Sudah memiliki
izin sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
|
Weakness
·
Merupakan
apotek baru, belum dikenal oleh masyarakat.
·
Sulitnya
mendapatkan tenaga kerja yang kompeten, terutama tenaga kerja kefarmasian.
·
Merupakan
apotek swasta yang berdiri sendiri dan bukan suatu apotek jaringan atau
waralaba.
·
Masih kurangnya
ketersediaan obat-obatan pada resep yang dibutuhkan pasien.
·
Kurang peduli
dengan ketatnya persaingan.
|
Opportunity
·
Luasnya pangsa pasar.
·
Apoteker
sebagai sarana pengganti dokter.
·
Kelonggaran
dalam sistem pembayaran.
·
Produk yang
selalu dibutuhkan.
·
Kesadaran
masyarakat akan kesehatan semakin tinggi.
|
Strategi SO
·
Luasnya pangsa pasar karena obat sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.
·
Masyarakat tidak perlu mengaeluarkan biaya banyak untuk pergi ke
dokter, cukup datang ke apotek & bertanya pada Apoteker.
|
Strategi WO
·
Karena banyaknya pesaing, apotek tersebut tidak hanya menyediakan
obat-obatan, tapi juga perlengkapan bayi dan kebutuhan wanita.
|
Threats
·
Rumitnya
perizinan pendirian apotek.
·
Maraknya
penyalahgunaan obat-obatan.
·
Peningkatan
kenaikan tarif pajak terhadap obat-obatan.
·
Adanya isu
tentang makanan dan obat berbahaya.
·
Ketatnya
persaingan dengan apotek lain (Fortuna Apotek & Leo Apotek).
|
Strategi ST
·
Dengan adanya isu obat-obatan berbahaya, maka apotek tersebut
memberikan bukti izin usaha menurut undang-undang yang berlaku.
|
Strategi WT
·
Peningkatan dalam hal tenaga
kerja kefarmasian.
|
Hasil Analisis SWOT
WEIGHT
|
RATING
|
SCORE
|
||
Matriks IFE
Strenght
|
1. Lokasi yang
strategis. Dimana apotek tersebut berada di lokasi yang dekat dengan pasar.
2. Apoteker yang
selalu stand‐by di apotek, siap memberikan layanan dan
konsultasi seputar obat.
3. Harga yang
bersaing. Dimana harga obat lebih murah jika dibandingkan dengan apotek lain.
4. Kelengkapan produk.
Dimana apotek ini tidak hanya menyediakan obat, tetapi menyediakan produk
kebutuhan lain, contohnya susu, perlengkapan bayi dan perlengkapan kebutuhan
wanita.
5. Sudah memiliki izin
sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
|
0,1
0.12
0.15
0.1
0.09
|
4
4
3
3
4
|
0.4
0.48
0.45
0.3
0.36
1,99
|
Weakness
|
·
Merupakan apotek baru, belum dikenal oleh masyarakat.
·
Sulitnya mendapatkan tenaga kerja yang kompeten,
terutama tenaga kerja kefarmasian.
·
Merupakan apotek swasta yang berdiri sendiri dan bukan
suatu apotek jaringan atau waralaba.
·
Masih kurangnya ketersediaan obat-obatan pada resep
yang dibutuhkan pasien.
·
Kurang peduli dengan ketatnya persaingan.
|
0.08
0.12
0.09
0.07
0.08
Jumlah : 1
|
3
4
3
3
3
|
0.24
0.48
0.27
0.21
0.24
1.44
|
Matriks EFE
Opportunity
|
·
Luasnya pangsa pasar.
·
Apoteker sebagai sarana pengganti dokter.
·
Kelonggaran dalam sistem pembayaran.
·
Produk yang selalu dibutuhkan.
·
Kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi.
|
0.1
0.1
0.12
0.1
0.09
|
4
4
3
4
4
|
0.4
0.4
0.36
0.4
0.36
1,92
|
Threat
|
.
·
Rumitnya perizinan pendirian apotek.
·
Maraknya penyalahgunaan obat-obatan.
·
Peningkatan kenaikan tarif pajak terhadap obat-obatan.
·
Adanya isu tentang makanan dan obat berbahaya.
·
Ketatnya persaingan dengan apotek lain (Fortuna Apotek
& Leo Apotek).
|
0.1
0.09
0.12
0.08
0.1
Jumlah : 1
|
2
4
3
4
4
|
0.2
0.36
0.36
0.32
0.4
1.64
|
Keterangan
:
1
= Tidak Penting
2
= Kurang Penting
3
= Cukup Penting
4
= Penting
5
= Sangat Penting
Berdasarkan
hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel
seperti ditulis di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:
Strengths =
1.99
Weekness =
1.44
Opportunities =
1.92
Threat =
1.64
Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2
Jadi :
SW = (1.99 – 1.44 ) /2 = 0.275
OT = (1.92 – 1.64 ) /2 = 0.14
(0.275,0.14)
Maka,
penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat
dilihat pada gambar dibawah ini :
Setelah diketahui titik
pertemuan diagonal-diagonal tersebut, maka posisi unit usaha diketahui pada
kuadran I yaitu Ekspansi.
I.
Penutup
Saran :
1. Konsentrasi
pada pasar, yaitu dengan menggunakan teknologi sebagai bahan promosi.
2. Perlunya
kerja sama dengan apotek-apotek yang lebih besar, agar persediaan obat-obatan
yang dibutuhkan pasien lengkap.
3. Harus
lebih peduli dengan persaingan, walaupun apotek tersebut terbilang cukup lama.
IV.
Dokumentasi
Titanium Machining and Tooling Kit
BalasHapusThe titanium titanium oxide welding where can i buy titanium trim kit allows the implant grade titanium earrings welding process to operate tungsten titanium at ford edge titanium a relatively fast pace. This samsung galaxy watch 3 titanium tool is known as a "Titanium Stone".