Rabu, 05 Juli 2017

ANALISIS SWOT CENTRAL FARMA APOTEK

PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Central Farma Apotek
JL. Jenderal Sudirman, No.29-A, Pasar Labuhan, Labuan, Pandeglang, Banten 42264, Indonesia

Penulis : Mutia Andini Nasution
NPM : 1434020027



I.           Pendahuluan

a.   Identitas Perusahaan
Central Farma Apotek adalah sebuah Apotek yang betada di wilayah Labuan Banten. Central Farma Apotek berdiri pada tahun 2007, apotek ini merupakan badan usaha swasta yang didirikan oleh Dina Apriana,S.Farm.,Apt dengan surat izin apotek Nomor : 03/Yankesum-242/Kes-Apotek/I/2007 yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, No.29-A, Pasar Labuhan, Labuan, Pandeglang, Banten 42264, Indonesia. Apotek Central Farma dapat dikatakan Apotek yang sudah cukup lama berdiri di wilayah tersebut. Saat ini, Central Farma Apotek sudah memiliki 7 orang karyawan.
Central Farma Apotek memiliki kompetitor yang cukup berat di sebelahnya apoteknya yaitu Leo Apotek dan Fortuna Apotek. Hampir ketiga apotek tersebut menyediakan segala jenis obat dan perlengkapan untuk bayi. Namun, dengan persaingan ketat tersebut, Central Farma Apotek tidak takut dalam menghadapi apotek lainnya.
Dalam pengoperasiannya, Central Farma Apotek mempunyai visi dan misi, yaitu :
-      Visi
Menjadi apotek yang menerapkan pelayanan kefarmasian yang bermutu, berkualitas dan terpercaya serta menguntungkan bagi konsumen.
-      Misi
a. Menyediakan obat, alat kesehatan serta perbekalan kefarmasian lainnya yang bermutu, berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat.
b. Melaksanakan pelayanan kefarmasian yang tepat, cepat, ramah, dan informatif. 
b. Teori

1. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis SWOT.
2.      Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal yang  dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.


II.        Pembahasan
Analisis SWOT Apotek Central Farma
1.   Kekuatan/Strength
·         Lokasi yang strategis. Dimana apotek tersebut berada di lokasi yang dekat dengan pasar.
·         Apoteker yang selalu standby di apotek, siap memberikan layanan dan konsultasi seputar obat.
·         Harga yang bersaing. Dimana harga obat lebih murah jika dibandingkan dengan apotek lain.
·         Kelengkapan produk. Dimana apotek ini tidak hanya menyediakan obat, tetapi menyediakan produk kebutuhan lain, contohnya susu, perlengkapan bayi dan perlengkapan kebutuhan wanita.
·         Sudah memiliki izin sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
2.   Kelemahan/Weakness
·         Merupakan apotek baru, belum dikenal oleh masyarakat.
·         Sulitnya mendapatkan tenaga kerja yang kompeten, terutama tenaga kerja kefarmasian.
·         Merupakan apotek swasta yang berdiri sendiri dan bukan suatu apotek jaringan atau waralaba.
·         Masih kurangnya ketersediaan obat-obatan pada resep yang dibutuhkan pasien.
·         Kurang peduli dengan ketatnya persaingan.
3.   Peluang/Opportunity
·         Luasnya pangsa pasar.
·         Apoteker sebagai sarana pengganti dokter.
·         Kelonggaran dalam sistem pembayaran.
·         Produk yang selalu dibutuhkan.
·         Kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi.
4.   Ancaman/Threaths
·         Rumitnya perizinan pendirian apotek.
·         Maraknya penyalahgunaan obat-obatan.
·         Peningkatan kenaikan tarif pajak terhadap obat-obatan.
·         Adanya isu tentang makanan dan obat berbahaya.
·         Ketatnya persaingan dengan apotek lain (Fortuna Apotek & Leo Apotek).

Matriks SWOT
Internal





















Eksternal
Strenght
·         Lokasi yang strategis. Dimana apotek tersebut berada di lokasi yang dekat dengan pasar.
·         Apoteker yang selalu standby di apotek, siap memberikan layanan dan konsultasi seputar obat.
·         Harga yang bersaing. Dimana harga obat lebih murah jika dibandingkan dengan apotek lain.
·         Kelengkapan produk. Dimana apotek ini tidak hanya menyediakan obat, tetapi menyediakan produk kebutuhan lain, contohnya susu, perlengkapan bayi dan perlengkapan kebutuhan wanita.
·         Sudah memiliki izin sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
Weakness
·         Merupakan apotek baru, belum dikenal oleh masyarakat.
·         Sulitnya mendapatkan tenaga kerja yang kompeten, terutama tenaga kerja kefarmasian.
·         Merupakan apotek swasta yang berdiri sendiri dan bukan suatu apotek jaringan atau waralaba.
·         Masih kurangnya ketersediaan obat-obatan pada resep yang dibutuhkan pasien.
·         Kurang peduli dengan ketatnya persaingan.
Opportunity
·         Luasnya pangsa pasar.
·         Apoteker sebagai sarana pengganti dokter.
·         Kelonggaran dalam sistem pembayaran.
·         Produk yang selalu dibutuhkan.
·         Kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi.
Strategi SO
·         Luasnya pangsa pasar karena obat sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.
·         Masyarakat tidak perlu mengaeluarkan biaya banyak untuk pergi ke dokter, cukup datang ke apotek & bertanya pada Apoteker.
Strategi WO
·         Karena banyaknya pesaing, apotek tersebut tidak hanya menyediakan obat-obatan, tapi juga perlengkapan bayi dan kebutuhan wanita.
Threats
·         Rumitnya perizinan pendirian apotek.
·         Maraknya penyalahgunaan obat-obatan.
·         Peningkatan kenaikan tarif pajak terhadap obat-obatan.
·         Adanya isu tentang makanan dan obat berbahaya.
·         Ketatnya persaingan dengan apotek lain (Fortuna Apotek & Leo Apotek).
Strategi ST
·         Dengan adanya isu obat-obatan berbahaya, maka apotek tersebut memberikan bukti izin usaha menurut undang-undang yang berlaku.
Strategi WT
·         Peningkatan dalam hal tenaga kerja kefarmasian.



Hasil Analisis SWOT


WEIGHT
RATING
SCORE
Matriks IFE
Strenght
1.   Lokasi yang strategis. Dimana apotek tersebut berada di lokasi yang dekat dengan pasar.
2.   Apoteker yang selalu standby di apotek, siap memberikan layanan dan konsultasi seputar obat.
3.   Harga yang bersaing. Dimana harga obat lebih murah jika dibandingkan dengan apotek lain.
4.   Kelengkapan produk. Dimana apotek ini tidak hanya menyediakan obat, tetapi menyediakan produk kebutuhan lain, contohnya susu, perlengkapan bayi dan perlengkapan kebutuhan wanita.
5.   Sudah memiliki izin sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

0,1






0.12






0.15






0.1












0.09
4





4






3





3











4
0.4





0.48






0.45





0.3











0.36


 

1,99
Weakness

·         Merupakan apotek baru, belum dikenal oleh masyarakat.
·         Sulitnya mendapatkan tenaga kerja yang kompeten, terutama tenaga kerja kefarmasian.
·         Merupakan apotek swasta yang berdiri sendiri dan bukan suatu apotek jaringan atau waralaba.
·         Masih kurangnya ketersediaan obat-obatan pada resep yang dibutuhkan pasien.
·         Kurang peduli dengan ketatnya persaingan.

0.08



0.12





0.09





0.07



0.08



Jumlah : 1

3



4





3





3



3


0.24



0.48





0.27





0.21



0.24




1.44

Matriks EFE
Opportunity
·         Luasnya pangsa pasar.
·         Apoteker sebagai sarana pengganti dokter.
·         Kelonggaran dalam sistem pembayaran.
·         Produk yang selalu dibutuhkan.
·         Kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi.
0.1

     0.1



0.12


0.1


0.09




4

4



3


4


4
0.4

0.4



0.36


0.4


0.36




1,92
Threat
.
·         Rumitnya perizinan pendirian apotek.
·         Maraknya penyalahgunaan obat-obatan.
·         Peningkatan kenaikan tarif pajak terhadap obat-obatan.
·         Adanya isu tentang makanan dan obat berbahaya.
·         Ketatnya persaingan dengan apotek lain (Fortuna Apotek & Leo Apotek).

0.1


0.09



0.12



0.08



0.1



Jumlah : 1

2


4



3



4



4





0.2


0.36



0.36



0.32



0.4




1.64



Keterangan :

1 = Tidak Penting
2 = Kurang Penting
3 = Cukup Penting
4 = Penting
5 = Sangat Penting
Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti ditulis di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:

Strengths              = 1.99
Weekness             = 1.44
Opportunities       = 1.92
Threat                   = 1.64

Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2

Jadi :
SW = (1.99 – 1.44 ) /2 = 0.275
OT = (1.92 – 1.64 ) /2 = 0.14
(0.275,0.14)
  

Maka, penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :







Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut, maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I yaitu Ekspansi.

I.           Penutup
        Saran :
1.   Konsentrasi pada pasar, yaitu dengan menggunakan teknologi sebagai bahan promosi.
2.   Perlunya kerja sama dengan apotek-apotek yang lebih besar, agar persediaan obat-obatan yang dibutuhkan pasien lengkap.
3.   Harus lebih peduli dengan persaingan, walaupun apotek tersebut terbilang cukup lama.



IV.       Dokumentasi

1 komentar:

  1. Titanium Machining and Tooling Kit
    The titanium titanium oxide welding where can i buy titanium trim kit allows the implant grade titanium earrings welding process to operate tungsten titanium at ford edge titanium a relatively fast pace. This samsung galaxy watch 3 titanium tool is known as a "Titanium Stone".

    BalasHapus