Selasa, 11 Juli 2017

ANALISIS SWOT KOVEKSI PAK JOKO

ROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

PERHITUNGAN SWOT KONVEKSI PAK JOKO
Jl. Ancol selatan rt. 002 rw. 01 jakarta Utara

PENULIS : CICIK DIAH PARAMITA
NPM : 1336010014
E-MAIL : Paramita207@gmail.com

Dosen pembimbing : Pristiana Widyastuti.SAB.,MAB.,MBA




KATA PENGANTAR
   
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah manageman strategik tentang perhitungan analisis swot tepat pada waktunya.
           Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Pristiana Widyastuti.SAB.,MAB.,MBA yang telah memberikan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman saya tentang analisis SWOT. Terima kasih pula kami ucapkan kepada Owner conveksi pak joko yang telah membantu saya untuk memberikan informasi tentang pembahasan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini, saya menyadari, bahwa  masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan pada makalah ini. Hal ini karena keterbatasan kemampuan dari saya. Oleh karena itu, saya senantiasa menanti kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak guna penyempurnaan makalah ini.
Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga makalah ini dapat terselesaikan. saya sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
         

                                                                                      Jakarta, juli 2017
                                                                                                         
                                                                                                                                                                   

                                                                                                           CICIK




1.      Latar Belakang

Conveksi pak joko merupakan salah satu Usaha kecil menengah di Indonesia tepaatnya di Jakarta utara. Berlokasi di jl. Ancol selatan rt. 002 rw. 01 Conveksi pak joko memulai usahanya mulai dari tahun 2000 hingga sekarang.Usaha tersebut berawal dari pak joko diberhentikan ( PHK ) ditempat pak joko berkerja dan dari hobby pak joko yang suka menjahit dan menggambar pola-pola design baju sejak beliau masih bersekolah. Berhenti kerja dari tempat kerjanya dan hobby tersebut beliau kembangkan dan sekarang menjadi usaha yang menjanjikan,berkat dukungan kedua orang tuannya,istri, dan ke 3 anak2nya sekarang usaha tersebut dapat memenuhi kehidupan keluarganya dan masyarakat sekitar yang ingin berkerja Conveksi memproduksi sejumlah merek ternama mulai dari baju,celana,kerudung dll. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern Conveksi homemade pak joko terus melakukan inovasi. Seperti proses cara pembayaran dan pembelian,proses produksi dengan peralatan yang semakin modern,design yang dibuat mengikuti keingiinan pasar . terbukti hingga saat ini mampu bertahan.


Conveksi pak joko mendisribusikan produksi ke dalam mal-mal dan pasar-pas tradisional dan swalayan.harga disesuaikan dengan kondisi lingkungan pasar dan target pasar yang ingin diperoleh. 




II. Analisi SWOT Conveksi pak joko


Strength
·         memiliki konveksi sendiri
·         memiliki harga dan kualitas yang baik
·         Sarana dan prasarana produksi telah tersedia
  • proses cepat dan tepat waktu
  • Memiliki tenaga kerja yang handal


Weaknes
·         Iklan dan promosi tidak rutin
·         Sebagian dari kapasitas mesin jahit adalah mesin jahit tradisional dan telah lama
·         Turn over pegawai yang tinggi
·         Besarnya biaya yang tidak terduga
  • Pemilik Konveksi Terjun langsung, merangkap ke beberapa bagian

Opportunity
·         Indonesia cukup kuat di pakaian jadi segmen menengah
  • Pemasaran produk di luar pulau jawa
  • penjualan online menggunakan media internet
  • Harga relatif murah dari pesaing
  • Kejenuhan masyarakat dengan merk pesaing

Threats
·         Kenaikan harga bahan baku
·         Kekuatan pesaing
  • Persaingan harga
·         perekonomian tidak stabil
·         Tuntutan konsumen semakin tinggi





III. Strategi SWOT



S

W

O

·         Terus melakukan inovasi
·         Melaukan penelitian untuk penentuan harga
·         Melakukan kerjasama untuk mendistribusikan produk
·         Memproduksi sesuai dengan permintaan pasar yang semakin besar


·         Melakukan promosi melalui media social
·         Memberikan upah tambahan untuk kerajinan pegawai
·         Mencatat dan mendokumentasikan pengeluaran dan pemasuka setiap transaksi


T

·         Mengontrol pembelian bahan baku
·         Mengutamakan kepuasan pelanggan dengan kualitas produk
·         Membuat laporan bulanan pegawai


·         Owner melakukan pengawasan produknya secara langsung
·         Dengan pengalaman yang dimiliki owner dapat memotivasi pewagainya untuk terus semangat berkerja .



IV. Perhitungan SWOT


Faktor internal (Strength)

Rating

Weight

Weighted score

memiliki konveksi sendiri


3

0,03


0.09

memiliki harga dan kualitas yang baik


3

0,03

0.09

Sarana dan prasarana produksi telah tersedia


2

0,03

0.06

proses cepat dan tepat waktu


4

0.2

0.8

Memiliki tenaga kerja yang handal


4

0,2

0.8



Faktor internal ( Weaknes )

Rating

Weight

Weighted score

Iklan dan promosi tidak rutin


3

0,2

0.6

Sebagian dari kapasitas mesin jahit adalah mesin jahit


3

0,01

0.03

Turn over pegawai yang tinggi


2

0,09

0,18

Besarnya biaya yang tidak terduga

4

0,2

0,8

Pemilik Konveksi Terjun langsung, merangkap ke beberapa bagian

3

0,01

0,03

Total

31

1

3,3



Faktor eksternal ( Opportunity )

Rating

Weight

Weighted score

Kejenuhan masyarakat dengan merk pesaing


4

0.2


0.08

Indonesia cukup kuat di pakaian jadi segmen menengah


4

0.2

0.08

Pemasaran produk di luar pulau jawa


2

0.03

0.06

penjualan online menggunakan media internet


3

0.03

0.9


Harga relatif murah dari pesaing


3

0.03

0.9



Faktor eksternal (Threats )

Rating

Weight

Weighted score

Kenaikan harga bahan baku


4

0.2


0.08

Kekuatan pesaing


4

0.2

0.08

Persaingan harga


3

0.04

0.12

perekonomian tidak stabil


3

0.04

0.12


Tuntutan konsumen semakin tinggi


3

0.03

0.9

Total

33

1

3.32


V. Hasil Perhitungan SWOT

´  Faktor internal (Strength)                               :           1,84
´  Faktor internal (Weaknes )                              :           1,64
´  Faktor External (Opportunity )                       :           2.02
´  Faktor External (Threats )                               :           1,30

Koordinat  Analisis  Internal
(Skor  total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2 
( 1,84 – 1,64 ) : 2 = 0,1

Koordinat  Analisis Eksternal
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2
(2.02 – 1.30) : 2 = 0.36

•Jadi  titik koordinatnya terletak  pada (0,1 ; 0,36)










VI. Kesimpulan

Dari titik koordinasi dapat menarik kesimpulan bahwa Konveksi pak joko dapat menggunakan stategi Expansion yaitu menggunakan strategi umum Penetrasi Pasar,  Meningkatkan pangsa pasar yang ada untuk produk tertentu melalui usaha pemasaran secara besar-besaran. Penjelasan alternatif strategi yang dipilih adalah sebagai berikut :

·         PRIORITAS
dengan Mendongkrak popularitas melalui iklan media masa
·         FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN
Dengan memilih Kualitas Bahan Baku yang terpercaya dan menentukan Pangsa Pasar yang merata di Indonesia
·         OUTPUT
Membuat Iklan dengan tema dan konsep yang menarik dan berbeda
·         OUTCAME
Meningkatnya Jumlah volume Penjualan
·         IMPACT
Citra Perusahaan yang semakin baik di mata pelanggan


Saran

Seharusnya konveksi pk joko harus bisa lebih berkembang lagi, karena masyarakat masih menerima produk dari konveksi pak joko, target mangsa pasar konveksi sesuai sasaran dari anak muda hingga orang tua .














Tidak ada komentar:

Posting Komentar