ROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
" USAHA
BAKSO DAN MIE AYAM TENDA BIRU
PAK
MARIDI "
di Jl. Yos Sudarso Lorong 101 Timur No.72 Rt.005 Rw.011 Koja, Jakarta
UtaraPENULIS : ARSHINTA
NPM : 1434020024
PENDAHULUAN
A. IDENTITAS
PERUSAHAAN
Bakso Tenda Biru adalah Bakso asli
wonogiri yang bergerak dibidang makanan. Usaha
Bakso Tenda Biru didirikan sejak tahun 1970 oleh pemilik usaha bernama Bapak Maridi.
Modal awal pada tahun 1970 yang dimiliki sejumlah Rp. 1.000 untuk harga baso
yang dijual seharga 2 Perak. Awal mulanya membuka usaha baso tenda biru pak
maridi menggunakan kendaraan gerobak keliling pada tahun 1970 hingga tahun
1989. Berkat kerja keras dan kerajinannya usaha
bakso tenda biru pak maridi dapat
memiliki
lokasi tempat
berjualan permanen dan milik
sendiri pada tahun 1999 yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso Lorong 101
Timur No.72 Rt.005 Rw.011 Koja, Jakarta Utara. Bakso dan Mie Ayam Tenda Biru
Buka Setiap Hari , jam 09:00 - 22:00. Pada tahun 2000 Bakso Tenda Biru memiliki
karyawan sejumlah 3 karyawan
dengan bertambahnya penjualan bakso dan mie ayam tenda biru kini
pak maridi mempunyai karyawan sejumlah 7 karyawan. Omset yang
dimiliki sekarang 200 Juta dengan perhari 6.000.000 - 7.000.000. Pada tahun 2010 usaha
bakso tenda biru beralih dikelola oleh anak bapak maridi yang bernama Bapak
Yanto. Berkembangnya jaman dan meningkatnya penjualan bakso tenda biru pada tahun 2010 membuka peluang mie ayam. Bakso
Tenda Biru memiliki beberapa jenis bakso yaitu bakso telor dan bakso urat. Baik dari segi rasa, harga yang
relative untuk di kalangan masyarakat , serta kepuasan konsumen adalah pokok
terpenting dari didirikannya usaha ini. Dari segi harga Bakso dan Mie Ayam Tenda Biru memberikan
harga sebagai berikut:
Bakso
Super
|
Rp. 15.000
|
Bakso Telor
|
Rp. 14.000
|
Bakso Urat
|
Rp. 13.000
|
Bakso ½
|
Rp. 8.000
|
Mie Ayam Bakso
|
Rp. 13.000
|
Mie Ayam
|
Rp. 10.000
|
ANALISIS SWOT
I.
Strength
1.
Memilki
harga yang terjangkau untuk semua strata kalangan
2.
Sudah
bekerja sama dengan Gofood dan Grab
3.
Bebas bahan pengawet
4.
Letaknya Strategis
5.
Memiliki area
tempat
parkir
Weakness
1.
Belum
Memiliki Hak Paten
2.
Banyak Pesaing
3.
Belum Memiliki Cabang
4. Belum memiliki website dan
forum
Opportunities
1.
Memberikan lapangan pekerjaan bagi
warga sekitar
2.
Dengan daya inovatif dan kreatif
usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar
3.
Meningkatnya penjualan pada hari –
hari besar mendapatkan gratis bakso bagi pelanggan tetap
4.
Harga relatif murah dibanding
pesaing
Threats
1.
Kenaikan harga bahan baku yang
meningkat
2.
Perkembangan
makanan yang unik
3.
Kekuatan
pesaing yang sama
I.
Strategi Analisis (SO) (ST) (WO) (WT)
|
Strength
|
Weakness
|
Opportunity
|
Ć Tetap melakukan inovasi pada aneka bakso
Ć Menyediakan cabang bakso dan mie ayam tenda biru
|
Ć Mempertahankan cita rasa
yang sudah dikenal dimasyarakat yang dari dulu hingga sekarang
Ć Dapat tersedia delivery order untuk pembelian 5 bungkus bakso maupun
mie ayam
|
Threats
|
Ć Mengembangkan usaha bakso dan mie ayam dengan usaha bakso yang sedang
kekinian untuk menarik pelanggan baru
|
Ć
Dapat memiliki hak paten
sehingga tidak ada pesaing usaha yang sama yang menggunakan nama usaha
tersebut
|
II.
Internal Factor Evaluation
Internal
Factor Evaluation
Weight Rating Weighted Score
Strengths Memilki harga 0.04 3 0.12
yang terjangkau
untuk semua strata
kalangan
Sudah
bekerja sama dengan 0.03 2 0.06
Gofood
dan Grab
Bebas bahan pengawet 0.2 3 0.6
Letaknya Strategis 0.05 2 0.10
Memiliki area tempat parkir 0.2 3 0.6
Total 0.52 1.48
Weakness Belum Memiliki Hak Paten
0.03 2 0.06
Banyak Pesaing 0.2 2 0.4
Belum Memiliki Cabang
0.2 3 0.6
Belum
memiliki website dan 0.05 2 0.10
forum
Total 0.48
Total Weighted Score 1 2.64
III.
Eksternal Factor Evaluation
Eksternal Factor
Evaluation Weight Rating Weighted Score
Opportunities
Memberikan
lapangan 0.2 3 0.6
pekerjaan bagi warga sekitar
Dengan daya inovatif dan 0.2 3 0.6
kreatif usaha ini memiliki
kesempatan besar untuk
menguasai pasar
Meningkatnya penjualan 0.09 4
0.36
pada hari – hari besar
mendapatkan gratis bakso
bagi pelanggan tetap
Harga relatif murah 0.02 2 0.04
dibanding pesaing
Threats Kenaikan
harga bahan baku 0.2 3 0.6
yang meningkat
Perkembangan
makanan yang unik 0.09 3 0.27
Kekuatan
pesaing yang sama 0.2 2 0.4
Titik Koordinat di
Matriks SWOT
Masing-masing total kekuatan (S), kelemahan (W),
Peluang (O), ancaman(T)
Total
•
Kekuatan (S) : 1.48
•
Kelemahan (W) : 1.16
•
Peluang (O) : 1.6
•
Ancama (T) : 1.27
Nilai SW =
(S-W) ; 2 → (1.48-1.16) ; 2 = 0.16
Nilai OT = (O-T) ; 2 → (1.6-1.27) ; 2 = 0.16
Nilai koordinat berada di titik (0.16 ; 0.16)
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Titik kordinasi
alternatif strategi dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha Bakso dan Mie Ayam
Tenda Biru dapat menggunakan strategi expansion perluasan produk dan pasar
dengan membuka cabang dan menambahkan bakso yang unik dan memiliki ciri khas
untuk meningkatkan efesiensi disegala bidang dalam rangka meningkatakan
keuntungan. Strategi combination tetap bertahan dengan bakso super yang berisi
bakso telur, bakso urat dan indomie.
Rekomendasi :
usaha bakso dan mie ayam tenda biru dapat merubah manajemen yang lebih baik
dengan membuka delivery order bagi pelanggan yang membeli 5 bungkus bakso
maupun mie ayam dan lebih menggunakan promosi lewat media online karena usaha
bakso dan mie ayam sudah menjadi makanan favorite sejak lama dikalangan
masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar