Selasa, 11 Juli 2017

ANALISIS SWOT USAHA BAKSO DAN MIE AYAM TENDA BIRU

ROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

" USAHA BAKSO DAN  MIE AYAM TENDA BIRU
PAK MARIDI "
di Jl. Yos Sudarso Lorong 101 Timur No.72 Rt.005 Rw.011 Koja, Jakarta Utara

PENULIS : ARSHINTA
NPM : 1434020024
    EMAIL: arsinta30@gmail.com

DOSEN PENGAMPU : Pristiana Widyastuti.SAB.,MAB.,MBA





PENDAHULUAN


A. IDENTITAS PERUSAHAAN
Bakso Tenda Biru adalah Bakso asli wonogiri yang bergerak dibidang makanan. Usaha Bakso Tenda Biru didirikan sejak tahun 1970 oleh pemilik usaha bernama Bapak Maridi. Modal awal pada tahun 1970 yang dimiliki sejumlah Rp. 1.000 untuk harga baso yang dijual seharga 2 Perak. Awal mulanya membuka usaha baso tenda biru pak maridi menggunakan kendaraan gerobak keliling pada tahun 1970 hingga tahun 1989. Berkat kerja keras dan kerajinannya usaha bakso tenda biru pak maridi dapat memiliki lokasi tempat berjualan permanen dan milik sendiri pada tahun 1999 yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso Lorong 101 Timur No.72 Rt.005 Rw.011 Koja, Jakarta Utara. Bakso dan Mie Ayam Tenda Biru Buka Setiap Hari , jam 09:00 - 22:00. Pada tahun 2000 Bakso Tenda Biru memiliki karyawan sejumlah 3 karyawan dengan bertambahnya penjualan bakso dan mie ayam tenda biru kini pak maridi mempunyai karyawan sejumlah 7 karyawan. Omset yang dimiliki sekarang 200 Juta dengan perhari 6.000.000 - 7.000.000. Pada tahun 2010 usaha bakso tenda biru beralih dikelola oleh anak bapak maridi yang bernama Bapak Yanto. Berkembangnya jaman dan meningkatnya penjualan bakso tenda biru  pada tahun 2010 membuka peluang mie ayam. Bakso Tenda Biru memiliki beberapa jenis bakso yaitu bakso telor dan bakso urat. Baik dari segi rasa, harga yang relative untuk di kalangan masyarakat , serta kepuasan konsumen adalah pokok terpenting dari didirikannya usaha ini. Dari segi harga Bakso dan Mie Ayam Tenda Biru memberikan harga sebagai berikut:
Bakso Super
Rp. 15.000
Bakso Telor
Rp. 14.000
Bakso Urat
Rp. 13.000
Bakso ½
Rp.   8.000
Mie Ayam Bakso
Rp. 13.000
Mie Ayam
Rp. 10.000



ANALISIS SWOT

       I.            Strength
1.      Memilki harga yang terjangkau untuk semua strata kalangan
2.      Sudah bekerja sama dengan Gofood dan Grab
3.      Bebas bahan pengawet
4.      Letaknya Strategis
5.      Memiliki area tempat parkir
  
Weakness
1.      Belum Memiliki Hak Paten
2.      Banyak Pesaing
3.      Belum Memiliki Cabang
4.      Belum memiliki website dan forum

Opportunities
1.      Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar
2.      Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar
3.      Meningkatnya penjualan pada hari – hari besar mendapatkan gratis bakso bagi pelanggan tetap
4.      Harga relatif murah dibanding pesaing

Threats
1.      Kenaikan harga bahan baku yang meningkat
2.      Perkembangan makanan yang unik
3.      Kekuatan pesaing yang sama




       I.            Strategi Analisis (SO) (ST) (WO) (WT)

Strength
Weakness
Opportunity
Ƙ  Tetap melakukan inovasi pada aneka bakso
Ƙ  Menyediakan cabang bakso dan mie ayam tenda biru
Ƙ  Mempertahankan cita rasa yang sudah dikenal dimasyarakat yang dari dulu hingga sekarang
Ƙ  Dapat tersedia delivery order untuk pembelian 5 bungkus bakso maupun mie ayam
Threats
Ƙ  Mengembangkan usaha bakso dan mie ayam dengan usaha bakso yang sedang kekinian untuk menarik pelanggan baru
Ƙ  Dapat memiliki hak paten sehingga tidak ada pesaing usaha yang sama yang menggunakan nama usaha tersebut



    II.            Internal Factor Evaluation

Internal Factor Evaluation                         Weight               Rating            Weighted Score
Strengths         Memilki harga                                 0.04                     3                         0.12
                        yang terjangkau
                        untuk semua strata kalangan
Sudah bekerja sama dengan            0.03                     2                         0.06
Gofood dan Grab
Bebas bahan pengawet                   0.2                       3                          0.6
Letaknya Strategis                          0.05                     2                          0.10
Memiliki area tempat parkir            0.2                       3                          0.6  
Total                                                0.52                                                 1.48

Weakness        Belum Memiliki Hak Paten             0.03                     2                          0.06
Banyak Pesaing                               0.2                       2                          0.4
Belum Memiliki Cabang                 0.2                       3                          0.6
Belum memiliki website dan           0.05                     2                          0.10
forum
Total                                                0.48                                                        
Total Weighted Score                         1                                                  2.64


 III.            Eksternal Factor Evaluation
 

Eksternal Factor Evaluation                         Weight                Rating        Weighted Score
Opportunities Memberikan lapangan                         0.2                        3                 0.6
pekerjaan bagi warga sekitar

Dengan daya inovatif dan                  0.2                        3                 0.6
kreatif usaha ini memiliki
kesempatan besar untuk
menguasai pasar

Meningkatnya penjualan                     0.09                     4                  0.36
pada hari – hari besar
mendapatkan gratis bakso                                          
bagi pelanggan tetap                                                                                     

Harga relatif murah                             0.02                     2                  0.04
dibanding pesaing

Threats            Kenaikan harga bahan baku                0.2                       3                  0.6
yang meningkat

Perkembangan makanan yang unik     0.09                     3                  0.27

Kekuatan pesaing yang sama              0.2                       2                  0.4

Total Weighted Score                            1                                           2.87







Titik Koordinat di Matriks SWOT

Masing-masing total kekuatan (S), kelemahan (W), Peluang (O), ancaman(T)
            Total   
      Kekuatan (S)       : 1.48
      Kelemahan (W)  : 1.16
      Peluang (O)         : 1.6
      Ancama (T)          : 1.27
 Nilai SW = (S-W) ; 2 → (1.48-1.16) ; 2 = 0.16
 Nilai OT  = (O-T) ; 2 → (1.6-1.27) ; 2 = 0.16
Nilai koordinat berada di titik (0.16 ; 0.16







KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


Titik kordinasi alternatif strategi dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha Bakso dan Mie Ayam Tenda Biru dapat menggunakan strategi expansion perluasan produk dan pasar dengan membuka cabang dan menambahkan bakso yang unik dan memiliki ciri khas untuk meningkatkan efesiensi disegala bidang dalam rangka meningkatakan keuntungan. Strategi combination tetap bertahan dengan bakso super yang berisi bakso telur, bakso urat dan indomie.
Rekomendasi : usaha bakso dan mie ayam tenda biru dapat merubah manajemen yang lebih baik dengan membuka delivery order bagi pelanggan yang membeli 5 bungkus bakso maupun mie ayam dan lebih menggunakan promosi lewat media online karena usaha bakso dan mie ayam sudah menjadi makanan favorite sejak lama dikalangan masyarakat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar