Rabu, 05 Juli 2017

ANALISIS SWOT Salon THE GUH Wijaya Negara

PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Bisnis Salon THE GUH Wijaya Negara
Jl. Danau Sunter Utara Blok G7 No.Kav. II, RT.14/RW.13, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

PENULIS : RATNA SARI DEWI
NPM :1434020004



ANALISIS SWOT

A.    PENDAHULUAN
            The Guh Wijaya Negara adalah sebuah Salon kecantikkan yang berada di wilayah Jakarta Utara.
            Sejarah salon The Guh Wijaya Negara berawal dari kesukaan atau hobby pemilik salon yang suka melakukan perawatan kecantikan mulai dari rambut, tubuh, hingga kaki. Pemilik nya bernama Moli. Pada akhirnya pemelik memberanikan diri membuka usaha salon kecantikkan hingga saat ini salon The Guh Wijaya Negara telah memiliki cabang dan pegawai yang cukup banyak. Salon The Guh Wijaya Negara  juga memiliki banyak pelanggan. The Guh Wijaya Negara mulai berdiri pada tahun 2007 yang berarti salon ini sudah hampir berumur sekitar 10 tahun. Tentu saja dengan umur salon yang sudah matang salon the guh juga berkembang dengan seiring berjalan nya trend kecantikkan dan rambut. Saalon The Guh terletak di lantai bawah sunter mall dekat pakiran mobil. Alamat lengkap Salon The Guh Wijaya Sunter Jl. Danau Sunter Utara Blok G7 No.Kav. II, RT.14/RW.13, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350
            Salon The Guh memiliki competitor yang cukup berat di samping salon nya yaitu salon Johny Andrean Salon yang terletak disebrang salon The Guh, memang berbeda tempat namun masih di lantai yang sama.  Salon The Guh beroperasi atau buka dari senin-minggu pukul 10:00 sampai 22:00. Salon The Guh memiliki pegawai kurang lebih 15 orang yang terdiri dari 7 kapster atau penata rambut 4 pria dan 3 wanita, 8 diantara nya para pembantu kapster dan kasir. Layanan yang ditawarkan The Guh cukup beragam mulai dari potong rambut, pewarnaan rambut, cuci blow, bonding, creambath  hingga meni-pedi dan perawatan kecantikan lain nya.
            Dengan jumlah pelanggan rata-rata 20-30 orang perhari penghasilan atau omzet yang didapat salon The Guh cukup besar bisa mencapai Rp. 250.000.000.00- per bulan nya. Pendapatan akan dipotong gaji para pegawai sekitar Rp.17.000.000.00.- bahan-bahan perlengkapan salon sekitar Rp. 5.000.000.00.- biaya listrik serta sewa salon sekitar Rp. 30.000.000.00.- bisa dilihat keuntungan yang diperoleh sangat memuaskan. Namun awal berdiri nya salon The Guh juga memerlukan modal yang cukup besar mulai dari membeli peralatan seperti catokkan, gunting, dan lain sebagainya, uang sewa salon, dan keperluan awal atau dasar dalam membuat sebuah salon. Soal layanan dan kualitasnya cukup baik dan bisa diadu dengan salon lain, dapat dilihat dari para pelanggan yang setia menunggu ketika salon sedang penuh dan ramai.
            Semakin berkembang nya jasa pelayanan kecantikkan di Jakarta maka perlu dilakukan lah anlisis swot untuk salon The Guh.


B.     TEORI

1.      Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis SWOT.
2.      Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal yang  dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.


C.    PEMBAHASAN


Salon The Guh Wijaya Negara
1.      Strengths (Kekuatan)

·         Harga yang ditawarkan relative murah dan cukup terjangkau walau tempat berlokasi di mall.
·         Lokasi yang mudah ditemui dan akses transportasi mudah ditemui untuk ke salon.
·         Pelayanan pegawai yang ramah, cekatan dan adanya hubungan baik yang dibina antara pegawai dan pelanggan salon.
·         Produk yang diberikan ke pelanggan adalah produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin .
·         Salon yang sigap dengan complain yang diberikan pelanggan serta suasana yang nyaman.

2.      Weaknesses (Kelemahan)
·         Tidak ada media social yang meperkenalkan atau mempromosikan salon di era digital ini.
·         Lokasi atau tempat salon kurang besar dan luas sehingga membuat sesak jika salon sedang ramai.
·         Jarang ada diskon atau promosi lain nya dikarenakan harga yang sudah murah.
·         Kasir masih melakukan pembayaran manual dengan mencatat tidak menggunakan computer.
·         Desain salon kurang mengikuti perkembangan zaman atau terkesan kuno.

3.      Opportunities (Kesempatan)
·         Menarik para pengujung mall yang sedang berkunjung dan mampir ke salon untuk merilekskan diri.
·         Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar mall.
·         Memberikan pelayanan ekstra seperti menambah layanan makanan minuman di salon.
·         Membangun kerjasama dengan para pelanggan untuk mempromosikan salon.
·         Meciptakan inovasi gaya kecantikan terbaru.

4.      Threats (Ancaman)
·         Pesaing yang lebih menguasai pasar/mall.
·         Ada nya kenaikkan harga produk yang digunakkan.
·         Harga sewa toko atau lahan yang mendadak naik.
·         Harga Listrik yang mahal.
·         Teknologi yang berkembang.

D.     Grouping menjadi Matrix


Strenght
Weakness
Opportunity
-          Harga yang ditawarkan relative murah dan cukup terjangkau dan Menarik pengujung mall yang berkunjung dan ingin mampir ke salon untuk merilekskan diri.
-          Lokasi yang mudah ditemui dan akses transportasi mudah serta Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar mall.
-          Pelayanan pegawai yang ramah, cekatan dan adanya hubungan baik yang dibina antara pegawai dan pelanggan salon serta Memberikan pelayanan ekstra seperti menambah layanan makanan minuman di salon
-          Produk yang diberikan ke pelanggan adalah produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin dan Membangun kerjasama dengan para pelanggan untuk mempromosikan salon.
-          Salon yang sigap dengan complain yang diberikan pelanggan serta suasana yang nyaman dan Meciptakan inovasi gaya kecantikan terbaru.
-          Tidak ada media social yang meperkenalkan atau mempromosikan salon di era digital ini dan Menarik para pengujung mall yang sedang berkunjung dan mampir ke salon untuk merilekskan diri.
-          Lokasi atau tempat salon kurang besar dan luas sehingga membuat sesak jika salon sedang ramai dan Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar mall.
-          Jarang ada diskon atau promosi lain nya dikarenakan harga yang sudah murah dan Memberikan pelayanan ekstra seperti menambah layanan makanan minuman di salon.
-          Kasir masih melakukan pembayaran manual dengan mencatat tidak menggunakan computer dan Membangun kerjasama dengan para pelanggan untuk mempromosikan salon.
-          Desain salon kurang mengikuti perkembangan zaman atau terkesan kuno dan Meciptakan inovasi gaya kecantikan terbaru
Threat
-          Harga yang ditawarkan relative murah dan cukup terjangkau walau tempat berlokasi di mall dan Pesaing yang lebih menguasai pasar/mall.
-          Lokasi yang mudah ditemui dan akses transportasi mudah ditemui untuk ke salon dan Ada nya kenaikkan harga produk yang digunakkan.
-          Pelayanan pegawai yang ramah, cekatan dan adanya hubungan baik yang dibina antara pegawai dan pelanggan salon dan Harga sewa toko atau lahan yang mendadak naik.
-          Produk yang diberikan ke pelanggan adalah produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin dan Harga Listrik yang mahal.
-          Salon yang sigap dengan complain yang diberikan pelanggan serta suasana yang nyaman dan Teknologi yang berkembang.
-          Tidak ada media social yang meperkenalkan atau mempromosikan salon di era digital ini dan Pesaing yang lebih menguasai pasar/mall.
-          Lokasi atau tempat salon kurang besar dan luas sehingga membuat sesak jika salon sedang ramai dan Ada nya kenaikkan harga produk yang digunakkan.
-          Jarang ada diskon atau promosi lain nya dikarenakan harga yang sudah murah dan Harga sewa toko atau lahan yang mendadak naik
-          Kasir masih melakukan pembayaran manual dengan mencatat tidak menggunakan computer dan Harga Listrik yang mahal
-          Desain salon kurang mengikuti perkembangan zaman atau terkesan kuno serta adanya Teknologi yang berkembang.

                                                                                                          
E.     Hasil Analisis SWOT :


WEIGHT
RATING
SCORE
Strenght
1.      Harga relative murah dan terjangkau walau tempat berlokasi di mall.
2.      Lokasi yang mudah ditemui dan  di akses
3.      Pelayanan pegawai yang ramah, cekatan dan hubungan baik antara pegawai dan pelanggan salon.
4.      Produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin .
5.      Salon yang sigap dengan complain serta suasana yang nyaman.

0.10



0.12


0.1




0.1




0.09
3



2

4



3




3
0.3



0.24

0.4



0.3





0.27
 

1.51

Weakness
1.      Tidak memiliki  social media.
2.       Lokasi salon yang sempit.
3.      Jarang ada diskon atau promosi.
4.      Kasir melakukan pembayaran manual
5.      Desain salon terkesan kuno
0.2

0.1

0.09

0.07

0.03
Jmlh=1
4

2

2

2

2

0.8

0.2

0.18

0.14

0.06
 

1.38

Opportunity
1.      Menarik para pengujung mall yang sedang berkunjung dan mampir ke salon untuk merilekskan diri.
2.      Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar mall.
3.      Memberikan pelayanan ekstra seperti menambah layanan makanan minuman di salon.
4.      Membangun kerjasama dengan para pelanggan untuk mempromosikan salon.
5.      Meciptakan inovasi gaya kecantikan terbaru.

0.3





0.05



0.08




0.1




0.02

2





2



3




2




3
0.6





0.10



0.24




0.2




0.06
 

1.2
Threat
1.      Pesaing yang lebih menguasai pasar/mall.
2.      Ada nya kenaikkan harga produk yang digunakkan.
3.      Harga sewa toko atau lahan yang mendadak naik.
4.      Harga Listrik yang mahal.
5.      Teknologi yang berkembang.

0.1


0.09


0.1


0.02

0.08
Jmlh=1
2


2


3


2

3

0.2


0.18


0.3


0.04

0.24
 

0.96

Berdasarkan hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti ditulis di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:

Strengths          : 1.51
Weekness        : 1.38
Opportunities   : 1.2
Threat              : 0.96

Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2
Jadi :
SW = (1.51 – 1.38 ) /2 = 0.065
OT = (1.2 – 0.96 ) /2 = 0.24
( 0.065,0.24)

Maka, penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Diagram SWOT :




Dapat disimpulkan bahwa salon the guh bernilai unggul di ekspansi dengan nilai X (0,065) dan Y (0.24)



A.     SARAN
Saran untuk salon The Guh yaitu sebagai berikut:
Strategi ekspansi menekankan pada penambahan atau perluasan produk, pasar dan fungsi dalam perusahaan sehingga aktivitas perusahaan meningkat. Tetapi selain keuntungan yang ingin diraih lebih besar, strategi ini juga mengandung resiko kegagalan yang tidak kecil.
Salon The Guh harus memperluas salon nya dan pasarnya agar salon makin meningkat dan berkembang serta mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Perlu kiranya disampaikan beberapa saran yang mungkin dapat berguna bagi Salon The Guh Wijaya Salon yaitu :
1.      Salon The Guh harus memperluas salon nya dan pasarnya agar salon makin meningkat dan berkembang serta mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  1. Melakukan pengenalan pangsa pasar agar lebih mudah menargetkan pelanggan.
3.      Menciptakan inovasi terbaru di dunia kecantikan, gaya rambut dan salon.
4.      Memperluas salon di daerah jangan hanya di mall saja agar lebih banyak peminat .
5.      Memberikan pelayanan ekstra dan terbaik apabila membuka cabang yang baru.


Gambar The Guh Wijaya Negara

Tampak Dari Belakang


Tampak Dari depan

2 komentar:

  1. pembahasannya lengkap Kak, cukup membantu pembaca, terimakasih...
    Aplikasi Persediaan Barang

    BalasHapus
  2. Angka yang berada di kolom weight didapat dari mana yah? Tolong dijelaskan

    BalasHapus