PROJECT UAS MANAJEMEN STRATEGIK
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
Bisnis Salon THE GUH Wijaya Negara
Jl. Danau Sunter Utara Blok G7 No.Kav. II, RT.14/RW.13, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350
PENULIS : RATNA SARI DEWI
NPM :1434020004
ANALISIS SWOT
A.
PENDAHULUAN
The Guh Wijaya Negara adalah sebuah Salon kecantikkan
yang berada di wilayah Jakarta Utara.
Sejarah salon The Guh Wijaya Negara berawal dari kesukaan
atau hobby pemilik salon yang suka melakukan perawatan kecantikan mulai dari
rambut, tubuh, hingga kaki. Pemilik nya bernama Moli. Pada akhirnya pemelik memberanikan
diri membuka usaha salon kecantikkan hingga saat ini salon The Guh Wijaya
Negara telah memiliki cabang dan pegawai yang cukup banyak. Salon The Guh
Wijaya Negara juga memiliki banyak
pelanggan. The Guh Wijaya Negara mulai berdiri pada tahun 2007 yang berarti
salon ini sudah hampir berumur sekitar 10 tahun. Tentu saja dengan umur salon
yang sudah matang salon the guh juga berkembang dengan seiring berjalan nya
trend kecantikkan dan rambut. Saalon The Guh terletak di lantai bawah sunter
mall dekat pakiran mobil. Alamat lengkap Salon The Guh Wijaya Sunter Jl. Danau
Sunter Utara Blok G7 No.Kav. II, RT.14/RW.13, Sunter Agung, Tj. Priok, Kota Jkt
Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350
Salon The Guh memiliki competitor yang cukup berat di
samping salon nya yaitu salon Johny Andrean Salon yang terletak disebrang salon
The Guh, memang berbeda tempat namun masih di lantai yang sama. Salon The Guh beroperasi atau buka dari
senin-minggu pukul 10:00 sampai 22:00. Salon The Guh memiliki pegawai kurang
lebih 15 orang yang terdiri dari 7 kapster atau penata rambut 4 pria dan 3
wanita, 8 diantara nya para pembantu kapster dan kasir. Layanan yang ditawarkan
The Guh cukup beragam mulai dari potong rambut, pewarnaan rambut, cuci blow,
bonding, creambath hingga meni-pedi dan
perawatan kecantikan lain nya.
Dengan jumlah pelanggan rata-rata 20-30 orang perhari
penghasilan atau omzet yang didapat salon The Guh cukup besar bisa mencapai Rp.
250.000.000.00- per bulan nya. Pendapatan akan dipotong gaji para pegawai
sekitar Rp.17.000.000.00.- bahan-bahan perlengkapan salon sekitar Rp.
5.000.000.00.- biaya listrik serta sewa salon sekitar Rp. 30.000.000.00.- bisa
dilihat keuntungan yang diperoleh sangat memuaskan. Namun awal berdiri nya
salon The Guh juga memerlukan modal yang cukup besar mulai dari membeli
peralatan seperti catokkan, gunting, dan lain sebagainya, uang sewa salon, dan
keperluan awal atau dasar dalam membuat sebuah salon. Soal layanan dan
kualitasnya cukup baik dan bisa diadu dengan salon lain, dapat dilihat dari
para pelanggan yang setia menunggu ketika salon sedang penuh dan ramai.
Semakin berkembang nya jasa pelayanan kecantikkan di
Jakarta maka perlu dilakukan lah anlisis swot untuk salon The Guh.
B. TEORI
1. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan
yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini
didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan
(strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat
meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam
sutu perusahaan. Dalam Proses pengambilan keputusan yang strategis selalu berkaitan
dengan pengembangan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang
menguntungkan bagi pengusaha. Dengan demikian perencanaan strategis yang
efektif dalam melakukan suatu kegiatan untuk mengambil keuntungan harus
menganalisa faktor-faktor strategis perusahaan ( peluang,kekuatan, kelemahan
dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat inidan yang akan datang , hal ini
disebut dengan analisis situasi. Dalam analisis situasi yang paling terkenal
dan populer saat ini adalah analisis swot, analisis situasi adalah analisis
SWOT.
2. Cara Membuat Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah lingkungan internal Strength dan
Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang akan
dihadapi didalam dunia bisnis bagi pengusaha. Analisis SWOT selalu
membandingkan antara faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan
(weaknesses). faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats)
Sehingga dalam perencanaan akan mendapatkan hasil suatu strategi yang optimal
yang dapat menjadi keunngulan yang kompetitif bagi pengusaha.
C.
PEMBAHASAN
Salon The Guh
Wijaya Negara
1.
Strengths
(Kekuatan)
·
Harga yang
ditawarkan relative murah dan cukup terjangkau walau tempat berlokasi di mall.
·
Lokasi yang
mudah ditemui dan akses transportasi mudah ditemui untuk ke salon.
·
Pelayanan pegawai
yang ramah, cekatan dan adanya hubungan baik yang dibina antara pegawai dan
pelanggan salon.
·
Produk yang
diberikan ke pelanggan adalah produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin .
·
Salon yang sigap
dengan complain yang diberikan pelanggan serta suasana yang nyaman.
2. Weaknesses (Kelemahan)
·
Tidak ada media
social yang meperkenalkan atau mempromosikan salon di era digital ini.
·
Lokasi atau
tempat salon kurang besar dan luas sehingga membuat sesak jika salon sedang
ramai.
·
Jarang ada
diskon atau promosi lain nya dikarenakan harga yang sudah murah.
·
Kasir masih
melakukan pembayaran manual dengan mencatat tidak menggunakan computer.
·
Desain salon
kurang mengikuti perkembangan zaman atau terkesan kuno.
3. Opportunities (Kesempatan)
·
Menarik para
pengujung mall yang sedang berkunjung dan mampir ke salon untuk merilekskan
diri.
·
Menciptakan
lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar mall.
·
Memberikan
pelayanan ekstra seperti menambah layanan makanan minuman di salon.
·
Membangun
kerjasama dengan para pelanggan untuk mempromosikan salon.
·
Meciptakan
inovasi gaya kecantikan terbaru.
4. Threats (Ancaman)
·
Pesaing yang
lebih menguasai pasar/mall.
·
Ada nya
kenaikkan harga produk yang digunakkan.
·
Harga sewa toko
atau lahan yang mendadak naik.
·
Harga Listrik
yang mahal.
·
Teknologi yang
berkembang.
D. Grouping menjadi Matrix
Strenght
|
Weakness
|
|
Opportunity
|
-
Harga yang
ditawarkan relative murah dan cukup terjangkau dan Menarik pengujung mall
yang berkunjung dan ingin mampir ke salon untuk merilekskan diri.
-
Lokasi yang
mudah ditemui dan akses transportasi mudah serta Menciptakan lapangan
pekerjaan bagi masyarakat disekitar mall.
-
Pelayanan
pegawai yang ramah, cekatan dan adanya hubungan baik yang dibina antara
pegawai dan pelanggan salon serta Memberikan pelayanan ekstra seperti
menambah layanan makanan minuman di salon
-
Produk yang
diberikan ke pelanggan adalah produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin dan Membangun
kerjasama dengan para pelanggan untuk mempromosikan salon.
-
Salon yang
sigap dengan complain yang diberikan pelanggan serta suasana yang nyaman dan
Meciptakan inovasi gaya kecantikan terbaru.
|
-
Tidak ada
media social yang meperkenalkan atau mempromosikan salon di era digital ini
dan Menarik para pengujung mall yang sedang berkunjung dan mampir ke salon
untuk merilekskan diri.
-
Lokasi atau
tempat salon kurang besar dan luas sehingga membuat sesak jika salon sedang
ramai dan Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar mall.
-
Jarang ada
diskon atau promosi lain nya dikarenakan harga yang sudah murah dan
Memberikan pelayanan ekstra seperti menambah layanan makanan minuman di
salon.
-
Kasir masih
melakukan pembayaran manual dengan mencatat tidak menggunakan computer dan Membangun
kerjasama dengan para pelanggan untuk mempromosikan salon.
-
Desain salon
kurang mengikuti perkembangan zaman atau terkesan kuno dan Meciptakan inovasi
gaya kecantikan terbaru
|
Threat
|
-
Harga yang
ditawarkan relative murah dan cukup terjangkau walau tempat berlokasi di mall
dan Pesaing yang lebih menguasai pasar/mall.
-
Lokasi yang
mudah ditemui dan akses transportasi mudah ditemui untuk ke salon dan Ada nya
kenaikkan harga produk yang digunakkan.
-
Pelayanan
pegawai yang ramah, cekatan dan adanya hubungan baik yang dibina antara
pegawai dan pelanggan salon dan Harga sewa toko atau lahan yang mendadak
naik.
-
Produk yang
diberikan ke pelanggan adalah produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin dan Harga Listrik
yang mahal.
-
Salon yang
sigap dengan complain yang diberikan pelanggan serta suasana yang nyaman dan
Teknologi yang berkembang.
|
-
Tidak ada
media social yang meperkenalkan atau mempromosikan salon di era digital ini
dan Pesaing yang lebih menguasai pasar/mall.
-
Lokasi atau
tempat salon kurang besar dan luas sehingga membuat sesak jika salon sedang
ramai dan Ada nya kenaikkan harga produk yang digunakkan.
-
Jarang ada
diskon atau promosi lain nya dikarenakan harga yang sudah murah dan Harga
sewa toko atau lahan yang mendadak naik
-
Kasir masih
melakukan pembayaran manual dengan mencatat tidak menggunakan computer dan
Harga Listrik yang mahal
-
Desain salon
kurang mengikuti perkembangan zaman atau terkesan kuno serta adanya Teknologi
yang berkembang.
|
E. Hasil
Analisis SWOT :
WEIGHT
|
RATING
|
SCORE
|
|||||
Strenght
|
1. Harga relative murah dan terjangkau walau tempat
berlokasi di mall.
2. Lokasi yang mudah ditemui dan di akses
3. Pelayanan pegawai yang ramah, cekatan dan hubungan
baik antara pegawai dan pelanggan salon.
4. Produk berkualitas terbaik dan Keamanan dan kebersihan salon terjamin .
5. Salon yang sigap dengan complain serta suasana yang
nyaman.
|
0.10
0.12
0.1
0.1
0.09
|
3
2
4
3
3
|
0.3
0.24
0.4
0.3
0.27
1.51
|
|||
Weakness
|
1. Tidak memiliki social media.
2. Lokasi salon
yang sempit.
3. Jarang ada diskon atau promosi.
4. Kasir melakukan pembayaran manual
5.
Desain salon terkesan
kuno
|
0.2
0.1
0.09
0.07
0.03
Jmlh=1
|
4
2
2
2
2
|
0.8
0.2
0.18
0.14
0.06
1.38
|
|||
Opportunity
|
1. Menarik para pengujung mall yang sedang berkunjung
dan mampir ke salon untuk merilekskan diri.
2. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
disekitar mall.
3. Memberikan pelayanan ekstra seperti menambah layanan
makanan minuman di salon.
4. Membangun kerjasama dengan para pelanggan untuk
mempromosikan salon.
5. Meciptakan inovasi gaya kecantikan terbaru.
|
0.3
0.05
0.08
0.1
0.02
|
2
2
3
2
3
|
0.6
0.10
0.24
0.2
0.06
1.2
|
|||
Threat
|
1. Pesaing yang lebih menguasai pasar/mall.
2. Ada nya kenaikkan harga produk yang digunakkan.
3. Harga sewa toko atau lahan yang mendadak naik.
4. Harga Listrik yang mahal.
5. Teknologi yang berkembang.
|
0.1
0.09
0.1
0.02
0.08
Jmlh=1
|
2
2
3
2
3
|
0.2
0.18
0.3
0.04
0.24
0.96
|
Berdasarkan
hasil-hasil yang di dapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel
seperti ditulis di atas, hasilnya dapat diuraikan sebagai berikut:
Strengths : 1.51
Weekness : 1.38
Opportunities : 1.2
Threat : 0.96
Rumus :
SW =( S - W ) /2
OT = ( O - T ) /2
Jadi :
SW = (1.51 – 1.38 ) /2 = 0.065
OT = (1.2 – 0.96 ) /2 = 0.24
( 0.065,0.24)
Maka, penentuan posisi perusahaan dapat digambarkan
sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Diagram SWOT :
Dapat disimpulkan bahwa salon the guh bernilai unggul di ekspansi dengan
nilai X (0,065) dan Y (0.24)
A.
SARAN
Saran untuk salon The Guh yaitu
sebagai berikut:
Strategi ekspansi menekankan pada penambahan atau
perluasan produk, pasar dan fungsi dalam perusahaan sehingga aktivitas
perusahaan meningkat. Tetapi selain keuntungan yang ingin diraih lebih besar,
strategi ini juga mengandung resiko kegagalan yang tidak kecil.
Salon The Guh harus memperluas salon nya dan
pasarnya agar salon makin meningkat dan berkembang serta mendapatkan keuntungan
yang lebih besar.
Perlu kiranya disampaikan beberapa saran yang mungkin dapat berguna
bagi Salon The Guh Wijaya Salon yaitu :
1.
Salon The Guh harus memperluas salon nya dan pasarnya agar salon makin
meningkat dan berkembang serta mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
- Melakukan pengenalan
pangsa pasar agar lebih mudah menargetkan pelanggan.
3. Menciptakan
inovasi terbaru di dunia kecantikan, gaya rambut dan salon.
4.
Memperluas salon di daerah jangan hanya di mall
saja agar lebih banyak peminat .
5. Memberikan
pelayanan ekstra dan terbaik apabila membuka cabang yang baru.
Gambar The Guh Wijaya Negara
Tampak Dari Belakang
Tampak Dari depan
pembahasannya lengkap Kak, cukup membantu pembaca, terimakasih...
BalasHapusAplikasi Persediaan Barang
Angka yang berada di kolom weight didapat dari mana yah? Tolong dijelaskan
BalasHapus